Avengers: Infinity War (Perusmart)

Film Marvel yang berjudul “Avengers: Infinity War” bakal dirilis dalam waktu dekat, tepatnya tanggal 25 April besok. Dilihat dari trailernya, film tersebut bakal menyuguhkan banyak adegan keren yang menggunakan CGI. Ternyata, efek-efek keren dalam film tersebut melibatkan 2 animator asal Indonesia. Mereka adalah Ronny Gani dan Renald Taurusdi.

Dalam proyek film tersebut, Ronny Gani berperan sebagai senior animator, sedangkan Renald Taurusdi sebagai creature technical director.

“Dalam konteks yang lebih besar kami adalah visual effects untuk film making, dalam kasus ini untuk ‘Avengers: Infinity War’. Film maker datang ke kami dan kami menyediakan jasa membuatkan visual effects seperti explotion, character animation, simmulation, dan segala macam,” tutur Ronny seperti dikutip dari Tribunnewscom, Selasa (24/4/2018).

Ronny Gani (Voaindonesia)

Ronny Gani sendiri bertugas membuat karakter-karakter superhero di “Avengers: Infinity War” menjadi hidup. Contohnya karakter Hulk. Superhero berbadan besar dan berwarna hijau itu dibuat oleh komputer. Meski telah mengalami berbagai olahan digital, Hulk belum hidup.

“Peran saya membuat dia menjadi hidup berdasarkan performance yang diinginkan oleh film maker di tiap shot,” kata Ronny.

Setelah Ronny Gani dan timnya selesai, mereka meneruskan karya mereka ke tim Renald Taurusdi. Lingkup pekerjaan Renald adalah simulasi. Dia melakukan simulasi terhadap kostum, otot, dan rambut para karakter. Simulasi dilakukan sesuai arahan film maker.

“Misal, bahan celananya dari jeans, saya harus membikin supaya celananya terlihat seperti jeans. Jadi saat orang menonton, mereka tahu itu jeans,” papar Renald.

Ronny dan Renald (Cumicumi)

Ada yang menarik dari latar belakang Ronny. Meski sekarang bekerja sebagai seorang animator, ternyata Ronny dulunya adalah lulusan Teknik Arsitektur di Universitas Indonesia. Pada semester terakhirnya di Universitas Indonesia, Ronny sadar bahwa potensinya bukan di bidang arsitektur dan kemudian mengejar passion-nya di bidang seni. Ronny menuntut ilmu di UI sejak tahun 2001 sampai 2005.

Selain “Avengers: Infinity War”, sebelumnya Ronny juga pernah menggarap film-film Hollywood keren, seperti “Pacific Rim”, “Avengers: Age of Ultron”, sampai “Ant-Man”. Sementara itu, Renald yang memang lulusan Animasi Digital dari Nanyang Technological University di Singapura, pernah berkiprah dalam sejumlah film Hollywood, seperti “Jurassic World”, “Warcraft”, “Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows”, sampai film “Star Wars” terbaru yaitu “Star Wars: The Last Jedi”. Karena itu, kemampuan dari Ronny dan Renald nggak perlu diragukan lagi.

Ingin melihat hasil karya mereka? Jangan lupa untuk nonton “Avengers: Infinity War” di bioskop kesayangan kamu pada tanggal 25 April besok ya. (tom)