Seleb duta dunia (Instagram)

Peran duta wisata memang cukup besar. Mereka berada dalam posisi terdepan dalam menggali, memperkenalkan, hingga menjadi bagian dari budaya dan pariwisata dari sebuah wilayah. Di Indonesia sendiri, ada beberapa seleb yang terpilih untuk menjadi duta wisata internasional. Contohnya seperti 5 seleb berikut ini.

1. Joe Taslim – Duta Pariwisata Selandia Baru untuk Indonesia

Joe Taslim (Instagram)

Nggak cuma jadi aktor yang mendunia, Joe Taslim juga menjadi seleb duta wisata internasional ketika aktor Indonesia kelahiran 1981 ini terpilih menjadi Duta Pariwisata Selandia Baru untuk Indonesia pada tahun 2014. Joe Taslim dianggap mampu untuk mempromosikan dan membagi informasi liburan favorit Selandia Baru kepada masyarakat Indonesia.

2. Farah Quinn – Duta KLM untuk Indonesia

Farah Quinn (Instagram)

Maskapai asal Belanda, KLM, juga merekrut salah satu selebriti chef asal Indonesia, yaitu Farah Quinn, untuk mempromosikan brand mereka pada tahun 2016. Selain mempromosikan KLM, koki tersohor di Indonesia ini juga membuat beberapa menu eksklusif bagi penumpang rute Jakarta-Kuala Lumpur dan Singapura-Denpasar.

3. Nadine Chandrawinata – Tourism Advocate Selandia Baru untuk Indonesia

Nadine Chandrawinata (Instagram)

Nadine yang memang gemar traveling ini cocok untuk menyandang duta wisata. Pasalnya, sudah beberapa negara dia sambangi untuk melihat keindahan alamnya. Kegemarannya akan traveling itu membawa namanya dinobatkan sebagai Tourism Advocate Selandia Baru pada tahun 2017.

4. Raline Shah – Komisaris Independen AirAsia Indonesia

Raline Shah (Instagram)

Nasib Raline Shah tergolong sangat baik. Jika yang lain hanya diangkat sebagai duta, perempuan kelahiran tahun 1985 ini terpilih menjadi Komisaris Independen AirAsia Indonesia tahun 2017. Sebabnya AirAsia menilai bahwa dengan kehadiran Raline Shah, perusahaan akan mengarah kepada hal yang lebih baik.

5. Chicco Jerikho – Duta WWF Elephant Warrior

Chicco Jerikho (Instagram)

Suami dari Putri Marino ini juga gemar melakukan traveling. Karena itu, pemeran Ben dalam film Filosofi Kopi ini ditunjuk sebagai Duta WWF-Indonesia untuk program Sahabat Gajah dan Elephant Warrior. Chicco Jerikho diharapkan mampu mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung upaya konservasi gajah.

Salut dan bangga untuk mereka. Semoga bisa menjadi duta internasional lainnya di waktu-waktu mendatang. (tom)