YouTuber Indonesia (Instagram)

Buat kamu yang hobi berselancar di dunia maya, pasti nggak asing lagi dengan situs berbagi video terbesar di dunia, YouTube. Beberapa kreator YouTube yang bisa bertahan dan sukses hingga saat ini telah melewati tahapan yang nggak mudah untuk mencari dan konten yang bermanfaat tapi juga menarik banyak subscribers. Jika sekarang videonya sudah berkualitas dan keren, ternyata dulu video mereka masih sederhana dan apa adanya. Penasaran seperti apa video pertama mereka? Langsung lihat berikut ini.

1. Bayu Skak

YouTuber yang satu ini dikenal suka mengunggah video-video lucu. Terkadang dia juga mengunggah video dirinya bermain game dengan temannya, dan dia memakai bahasa Jawa. Sekarang kita bisa nyaman menonton videonya. Padahal, video pertama yang diunggah Bayu Skak berisi tentang wawancara anak SMA di rumah sakit jiwa. Gambarnya pun masih seadanya tanpa editan yang berarti.

2. Reza Oktovian

Mirip seperti Bayu Skak, Reza ‘Arap’ Oktovian adalah YouTuber yang sering membahas tentang video game. Salah satu prestasi yang patut dibanggakan adalah pada saat dirinya masuk Youtube Rewind Indonesia tahun 2014 karena video-videonya banyak disukai. Namun siapa sangka, jika video pertama Reza adalah ketika memainkan game online “Dragon Nest” dan memperlihatkan karakternya berjoget-joget.

3. Raditya Dika

Raditya Dika mengawali karier sebagai blogger, dan kemudian menjadi penulis buku yang memiliki pembaca setia. Buku-bukunya menjadi best seller karena menampilkan suasana jenaka kehidupan sehari-harinya. Setelah menjadi penulis, Dika pun beranjak jadi aktor bahkan sutradara. Selain itu dia juga aktif mengunggah video di YouTube. Mau lihat video pertamanya? Langsung tonton videonya di atas.

4. Tim2one

Tim2one adalah duet 2 orang yaitu Chandra Liow dan Tomy Limmm. Genre dari channel YouTube mereka adalah komedi, jadi kamu bakal menemukan banyak video-video lucu dari mereka. Ternyata, video pertama dari channel ini nggak ada hubungannya sama komedi. Video pertama mereka justru demo intro 3D yang dibuat dengan menggunakan software Sony Vegas Pro 8.0.

5. Agung Hapsah

Agung Hapsah bisa dibilang merupakan YouTuber dengan video yang dibuat paling niat, karena kualitasnya sangat baik. Videonya kebanyakan membahas tentang teknologi-teknologi kekinian, dan juga tentang software komputer. Nggak jarang dia juga membahas tentang tema kehidupan anak muda. Video pertamanya pun juga membahas tentang kamera. Meski sudah tergolong baik karena sudah memakai beberapa editan, namun kualitas suara videonya masih belum sebaik sekarang.

Itulah 5 video pertama dari para YouTuber top Indonesia. Mereka membuktikan, bahwa untuk menjadi besar, harus dimulai dari hal yang kecil terlebih dulu. (tom)