Pulau Kucing (Instagram)

Jika kamu suka dengan hewan yang namanya kucing, mungkin kamu berpikiran untuk pergi ke Jepang, karena di sana terdapat satu pulau yang dihuni oleh kucing-kucing lucu. Mungkin rencana kamu itu sebaiknya ditunda dulu, karena di Indonesia ternyata juga ada pulau yang dihuni oleh kucing, meskipun nggak sebanyak di Jepang. Nama pulau itu adalah Pulau Kucing.

Pulau Kucing adalah salah satu pulau dalam gugus Kepulauan Sula, Maluku Utara. Dulu, tempat ini merupakan tempat pengasingan kucing liar yang ada di desa sekitar. Namun sekarang, tempat ini telah dikembangkan menjadi destinasi wisata. Satu-satunya akses untuk mencapai pulau ini adalah menggunakan jalur laut.

Pulau Kucing (Instagram)

Karena dulunya tempat ini merupakan tempat pembuangan kucing liar, saat ini kamu dapat bertemu dengan puluhan kucing. Saat ini terdapat setidaknya 30 kucing yang merupakan hasil berkembang biak mereka secara alami. Karena memang nggak ada pemiliknya, kucing-kucing tersebut hidup bebas di pulau ini. Kamu bisa saja memberi mereka makan, dan sedikit bermain dengan mereka.

Pulau Kucing (Kompas)

Setelah puas bermain dengan kucing yang ada di pulau ini, kamu bisa bersantai di gazebo yang berdiri di atas air. Ukurannya cukup besar, sekitar 15-20 orang dapat masuk ke gazebo ini. Sambil menikmati pemandangan laut, kamu bisa bernyanyi bersama karena disediakan pula alat karaoke di sana. Tenang, untuk duduk-duduk di gazebo nggak perlu bayar alias gratis.

Gazebo (Instagram)

Kamu juga bisa mencoba kegiatan lainnya, salah satunya yaitu mengelilingi laut dengan sepeda air. Untuk dapat menikmati wahana ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15 ribu. Tentunya, kamu hanya bisa menikmati lautan dengan jarak yang nggak terlalu jauh dari pulau. Bahkan kamu juga bisa berenang di laut. Yang perlu diingat, kamu harus tetap menjaga keselamatanmu dan juga keluarga bila melakukan aktivitas ini.

Pulau Kucing (Kompas)

Selain imutnya kucing, di sini kamu juga bisa berfoto di spot instagenik. Para anak muda setempat telah membuat sebuah pelataran kayu berbentuk kapal menghadap laut lepas di ketinggian 25 meter untuk berfoto. Kamu bisa melihat keindahan laut biru berpadu kapal nelayanan dan Pulau Mangoli di dekatnya.

Pulau Kucing (Instagram)

Suka kucing sambil menikmati pemandangan laut? Pulau Kucing adalah tempat yang cocok buat kamu. (tom)