Iron Man (Geekyrant)

Buat penyuka film-film superhero Marvel, mungkin Iron Man bisa jadi salah satu superhero favorit mereka. Hal itu dikarenakan Iron Man memiliki berbagai macam armor atau kostum yang bervariasi, dan tiap kostum itu dipersenjatai dengan senjata berteknologi canggih. Bagi kamu yang belum tahu armor apa saja yang muncul dalam film-film Marvel, berikut variasi-variasinya, dipisah menurut filmnya.

1. Iron Man (Mark I, II dan III)

Iron Man Mark I, II, III (Roosterteeth)

Dalam film inilah kita akan diperkenalkan dengan Tony Stark yang nantinya bakal berubah jadi superhero Iron Man. Armor pertama yang dibuat Tony adalah Mark I, yang dibuat dari barang-barang bekas saat ditawan di Afghanistan. Setelah bebas dari sana, Tony pun membuat revisi dari Mark I, yaitu Mark II. Mark II pun kembali disempurnakan sehingga jadilah Mark III, yang sudah memiliki warna khas Iron Man, yaitu merah dan emas.

2. Iron Man 2 (Mark IV, V, VI)

Iron Man Mark IV, V, VI (Imgur)

Di film kedua, awal-awal muncul Mark IV yang dipakai Tony untuk menghadiri Expo, dan juga dipakai saat Tony sedang mabuk di tengah-tengah film. Film ini juga memperkenalkan Mark V, armor yang tersimpan dalam koper. Menuju akhir film, muncullah Mark VI, yang inti Palladium-nya sudah diganti dengan Vibranium. Armor ini mengganti bentuk Arc Reactor di dadanya, yang tadinya lingkaran, jadi segitiga.

3. The Avengers (Mark VII)

Iron Man Mark VII (Iron Man Wikia)

Dalam film “The Avengers”, armor Iron Man kembali mendapatkan upgrade, jadi Mark VII. Armor ini ‘dipanggil’ dalam bentuk roket oleh gelang yang dipakai oleh Tony, dan kemudian langsung memasangkan armornya ke tubuh Tony. Salah satu peningkatan armor ini adalah adanya thruster atau pendorong di bagian siku, sehingga nggak harus menggunakan telapak tangannya untuk terbang.

4. Iron Man 3 (Mark 42)

Iron Man Mark 42 (YouTube)

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa langsung Mark 42? Kemana Mark VIII sampai 41? Ternyata Mark VIII sampai 41 merupakan armor yang bisa bergerak otomatis, yang dinamakan Iron Legion. Armor-armor tersebut digunakan Tony untuk menyerang musuhnya di akhir-akhir film, sementara Mark 42 dipakai oleh Tony. Iron Legion juga pada akhirnya dihancurkan oleh Tony untuk bisa menghasilkan kembang api.

5. Avengers: Age of Ultron (Mark 43, 44, 45)

Iron Man Mark 43, 44, 45 (Iron Man Wikia)

Mark 43 digunakan oleh Tony di awal film “Avengers: Age of Ultron”. Di tengah film, untuk bisa melawan Hulk, diciptakanlah Mark 44 atau yang kita kenal dengan Hulkbuster. Kemudian untuk melawan Ultron, Tony pun sudah mempersiapkan armor terbarunya, yaitu Mark 45.

6. Captain America: Civil War (Mark 46)

Iron Man Mark 46 (Marvelcinematicuniverse Wikia)

Mark 46 bisa dibilang evolusi dari armor-armor sebelumnya. Jika dulu armornya hanya bisa dipanggil, maka kini armor Iron Man bisa ‘ditanam’ dalam jam tangan. Jam tangan itu nantinya akan berubah jadi armor yang menyelimuti tubuh Tony. Dalam armor ini juga disematkan AI F.R.I.D.A.Y, yang menjadi pengganti J.A.R.V.I.S setelah sudah menjadi Vision.

7. Spider-Man: Homecoming (Mark 47)

Iron Man Mark 47 (Marvelcinematicuniverse Wikia)

Secara teknis, karena timeline “Spider-Man: Homecoming” berlangsung nggak lama setelah “Civil War”, nggak ada banyak waktu untuk Iron Man melakukan modifikasi. Namun tetap saja dalam film ini muncul armor baru yaitu Mark 47 yang bisa dipakai Tony, maupun dikendalikan dari jarak jauh. Berbeda dengan armor-armor sebelumnya yang berwarna emas dan merah, kini Mark 47 memiliki warna silver yang hampir menyelimuti seluruh armornya. Sementara emasnya hanya tersemat di bagian pundak dan helmnya.

8. Avengers: Infinity War (Mark 48)

Iron Man Mark 48 (Okezone)

Armor ini bisa dibilang upgrade Iron Man paling mutakhir, karena sudah memakai teknologi nano. Untuk bisa memakainya pun nggak ribet, cukup ketuk dua kali Arc Reactor di dadanya, dan armor pun langsung menyelimuti tubuh Tony. Meski terlihat lebih tipis dibandingkan armor-armor sebelumnya, ternyata armor ini sudah dipersenjatai dengan senjata kuat dan canggih.

Dari semua armor Iron Man di atas, kamu paling suka yang mana? (tom)