Ranu Klakah (Instagram)

Kabaupaten Lumajang dikenal dengan pesona alamnya. Banyaknya pengunungan yang membentang dari berbagai arah ini, ternyata dilengkapi dengan keindahan alam.Salah satunya adalah wilayah utara dan timur dari kota Lumajang yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Jember.

Di dua Kecamatan ini, yakni Klakah dan Ranuyoso, bertebaran danau alami yang terbentuk sejak jutaan tahun lalu. Sekarang, beberapa danau atau disebut dengan Ranu terpelihara dengan baik karena pesona alamnya yang luar biasa. Masyarakat setempat, menyebutnya Segitiga Emas atau Segitiga Ranu, yakni Ranu Klakah, Ranu Pakis dan Ranu Bedali.

Ranu Klakah (Instagram)

Ranu Klakah terletak di Desa Tegalrandu, Kecamatan Klakah, yang berjarak sekitar 20 km dari kota Lumajang. Ranu Klakah ini berada pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut dengan luar 22 hektar dan memiliki kedalaman danau yang mencapai 28 meter. Di sini kamu nggak hanya disuguhkan dengan wisata air dari Ranu Klakah itu sendiri, melainkan kamu juga dapat menikmati keindahan Gunung Lamongan yang posisinya berada di belakang Ranu Klakah ini. Udara disini sangat sejuk dan segar.

Sementara itu, Ranu Bedali, yang juga berada di Desa yang sama dengan Ranu Klakah, memiliki ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut dengan luas danau mencapai 25 hektar dan dengan kedalaman danau yang mencapai 28 meter. Danau Bedali ini sangat unik karena permukaan airnya yang berada jauh di bawah permukaan tanah, sehingga bagi kamu yang berkunjung ke Ranu Bedali dan ingin mencapai daratan tepi danau tersebut, harus berhati-hati karena letak danau yang berada di jauh di bawah permukaan tanah tadi.

Ranu Bedali (Instagram)

Jika posisi kamu berada di Ranu Klakah, maka kamu hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 10 menit untuk bisa menuju Ranu Pakis. Ranu Pakis ini memiliki ketinggian 600 meter dari permukaan laut dengan luas danaunya yaitu 50 hektar dan kedalaman danau yang mencapai 26 meter. Sama seperti di Ranu Klakah, jika kamu memasuki kawasan Ranu Pakis, kamu juga akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan Gunung Lamongan yang tampak terlihat sangat dekat berada di belakang danau. Selain itu dengan kondisi alam yang masih murni menjadi daya tarik tersendiri.

Ketiga tempat di atas memiliki satu kesamaan, yaitu menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit alias sunrise. Kamu bisa menyaksikan suasana langit yang tadinya gelap, mulai terang oleh paduan warna biru, merah, dan kuning keemasan, dengan latar belakang Gunung Lamongan.

Ranu Pakis (Instagram)

Jadi, jika kamu ingin menikmati sunrise yang indah, kamu bisa datang ke salah satu danau di atas. (tom)