Sabana Lincing (Instagram)

Bagi seorang pendaki, nggak ada hal yang lebih indah selain bisa menyaksikan pemandangan sunrise di atas bukit atau gunung di spot terbaik. Spot terbaik untuk menikmati pemandangan sunrise di Malang bisa kamu lakukan di Sabana Lincing. Tempat ini terkenal sebagai lokasi ‘pameran’ alam dengan pertunjukan yang menawan.

Lokasi Sabana Lincing sendiri berada di Lereng Gunung Arjuno. Akses masuknya bisa melalui Desa Wonorejo, Kecamatan Lawan. Karena tujuannya adalah untuk melihat matahari terbit di puncak bukit, maka kamu harus berangkat menjelang pagi. Lebih aman kamu mulai mendaki sekitar pukul 23.00 dari pos perizinan, agar kamu punya waktu istirahat yang lebih banyak. Waktu tempuh menuju ke Pos 1 sekitar 1 jam. Kemudian menuju ke Sabana Lincing harus berjalan lagi selama sekitar 2 jam.

Sabana Lincing (Instagram)

Selama perjalanan dari pos perizinan hingga ke Sabana Lincing, kamu nggak akan menemukan mata air atau Warung Makan. Jadi, kamu harus membawa perbekalan yang cukup, terutama air minum. Kondisi jalur juga menantang dan udara dingin khas pegunungan. Gunakan jaket atau pakaian yang tebal. Meski nggak sampai ke puncak, peralatan yang kamu bawa tetap harus lengkap dan aman.

Menjelang sunrise, aktivitas lain bisa sambil menikmati perbekalan dan berfoto serta berselfie ria. Ingat, jangan membakar api unggun di sini, karena bisa merusak lingkungan. Sebagai gantinya, kamu bisa membawa panggangan panjang untuk bakar jagung ataupun ubi sambil mengelilingi panggangan untuk menghangatkan badan.

Sabana Lincing (Instagram)

Saat waktunya tiba, lelahmu akan terbayar dengan keindahan matahari terbit. Langit perlahan mulai berganti warna, memerah begitu indahnya. Gunung-gunung di kejauhan juga menampakkan siluet. Semua hal indah ini akan selalu terkenang dalam ingatanmu. Sebelum matahari lebih naik lagi dan jadi panas, sebaiknya kamu segera turun dari bukit.

Dalam perjalanan turun bukit, kamu bakal melihat pemandangan yang nggak bisa kamu lihat saat mendaki. Kamu bakal melihat kebun teh yang memanjakan mata, dan berhawa sejuk. Kebun teh itu membuat perjalanan menuruni bukit jadi nggak terasa.

Suasana pendakian Sabana Lincing (Sayasukamain)

Jika kamu kebetulan tinggal di Malang, maka kamu wajib untuk mengunjungi bukit ini. Selain untuk refreshing, kamu sekaligus bisa melihat kebesaran Tuhan yang menciptakan pemandangan alam yang begitu memukau. (tom)