Situ Cipanten (Instagram)

Jenuh dengan segala rutinitas, sudah pasti kamu butuh yang namanya liburan. Liburan yang bisa menenangkan hati kamu antara lain adalah berkunjung ke danau atau hutan. Bingung? Nggak perlu bingung, karena ada satu destinasi wisata yang menawarkan keduanya, yaitu di Situ Cipanten, Majalengka.

Situ Cipanten ini berada di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka. Situ Cipanten ini merupakan danau yang memiliki luas kurang lebih satu hektar. Dahulu, digunakan untuk pengairan dan juga perikanan. Sementara itu sumber air di Situ Cipanten ini berasal dari tujuh mata air, maka dari itu meskipun musim kemarau tiba, danau di sini nggak akan kering.

Situ Cipanten (Instagram)

Situ Cipanten ini sebenarnya bukan destinasi wisata baru, karena sudah sejak zaman dahulu tepatnya sejak tahun 1970-an. Namun mungkin lantaran kurang pengelolaan yang baik sehingga terkesan cukup angker, akhirnya para wisatawan enggan untuk datang. Nah, sejak hits di media sosial baru-baru inilah Situ Cipanten mulai kembali memiliki banyak pengunjung.

Bukan tanpa alasan para pengunjung berdatangan. Pasalnya, destinasi wisata di Majalengka ini memiliki fasilitas yang cukup bagus. Misalnya saja disuguhkan berbagai spot kekinian yang biasa digunakan untuk berselfie ria. Ada Jembatan Cinta, Perahu Titanic, dan lain-lain. Selain itu ada beberapa wahana yang bisa dicoba, ada sepeda air, arena outbond, dan berbagai fasilitas lainnya yang menarik.

Situ Cipanten (Instagram)

Sambil mencoba segala fasilitas yang ada, kamu juga bisa menikmati pemandangan Situ Cipanten yang masih asri. Pepohonan rindang, hutan yang masih sangat alami memberikan kesejukan tersendiri untuk pengunjung yang datang. Kawasan hutan yang berada di sekitaran lokasi benar-benar membuat suasana menjadi begitu asri, meskipun di siang hari, lingkungan tetap nyaman untuk disinggahi. Satu hal lagi yang sangat sulit ditampik pesonanya, yakni airnya sangat jernih saat cuaca sedang cerah.

Supaya bisa menikmati beragam pesona yang ditawarkan oleh Situ Cipanten, kamu hanya perlu merogoh uang sebesar Rp 5 ribu untuk motor dan Rp 10 ribu untuk mobil. Kamu juga akan dikenakan biaya tambahan Rp 5 ribu jika ingin naik perahu mengelilingi Situ Cipanten dengan beragam pesonannya.

Situ Cipanten (Instagram)

Jadi, kapan kita ke sini? (tom)