Franchise film (Fotojet)

Kamu mungkin menyadari, jika dalam film, terdapat beberapa judul yang sama lalu ditambahkan angka di belakangnya untuk menandakan film tersebut berlanjut, seperti “Iron Man” dan “Iron Man 2”. Itulah yang dinamakan dengan franchise. Ada banyak film yang memiliki franchise, namun film-film berikut ini adalah film yang memiliki franchise terpanjang.

1. Star Wars

Star Wars (Nerdist)

Film pertama “Star Wars”, yaitu “Star Wars Episode IV: A New Hope”, sudah tayang sejak tahun 1977, dan film “Star Wars” masih berlanjut hingga yang terbaru “Star Wars: The Last Jedi” yang rilis akhir tahun 2017 lalu dan merupakan Episode VIII. Paling nggak, sudah ada 9 judul “Star Wars”, dari Episode I hingga Episode IX yang masih belum ditentukan jadwal rilisnya. Ditambah lagi “Star Wars” punya dua spin-off, yaitu “Rogue One: A Star Wars Story” dan “Solo: A Star Wars Story” yang bakal tayang sebentar lagi, sehingga total ada 11 film “Star Wars”.

2. Star Trek

Star Trek (Startrek)

Masih berhubungan dengan luar angkasa, kali ini ada film “Star Trek”, yang juga memiliki banyak franchise. Film pertama, yaitu “Star Trek: The Motion Picture” rilis pada tahun 1979, dan yang terbaru adalah “Star Trek: Beyond” yang rilis pada tahun 2016 lalu. Total sudah ada 13 film “Star Trek”, dan masih akan berlanjut.

3. Marvel Cinematic Universe

Marvel Cinematic Universe (Express)

Meski tergolong baru, Marvel Cinematic Universe alias MCU bakal memiliki franchise yang lumayan banyak. MCU ini diawali dengan film “Iron Man” yang rilis pada tahun 2008, hingga yang terbaru adalah “Avengers: Infinity War” yang baru saja tayang bulan lalu di Indonesia. Franchise ini masih belum terlihat akan berhenti, mengingat masih ada film yang sudah dikonfirmasi namun belum diketahui jadwal rilisnya, seperti “Captain Marvel” atau sekuel dari “Spider-Man: Homecoming”. Jika ditotal, hingga kini MCU sudah memiliki 19 judul film.

4. James Bond

James Bond (Vecer)

Siapa yang nggak kenal James Bond? Agen yang dikenal dengan nama kode 007 ini memang sudah tayang sejak lama, dan memiliki penggemarnya tersendiri. Film-film James Bond nggak pernah memakai nama James Bond sebagai judulnya, selain itu para pemerannya juga berganti-ganti, sehingga bagi yang awam nggak bakal tahu jika film yang bakal mereka tonton adalah film James Bond. Film pertama 007 adalah “Dr. No” yang rilis tahun 1962, dan yang terakhir adalah “Spectre” yang tayang 2015 lalu. Total sudah ada 26 film James Bond yang rilis.

5. Godzilla

Godzilla (Greenscene)

Inilah franchise film paling panjang dalam sejarah. Monster raksasa hasil radiasi nuklir ini telah meneror penonton selama lebih dari 60 tahun. “Godzilla” hadir dalam 28 film yang dihasilkan oleh studio film di Jepang bernama Toho Productions dan 2 adaptasi Amerika. Film pertama produksi Toho berjudul simpel, yaitu “Godzilla”, rilis pada tahun 1954, dan film terakhirnya adalah “Shin Godzilla” yang tayang pada tahun 2016 lalu. Sementara untuk versi Hollywoodnya ada “Godzilla” versi Roland Emmerich tahun 1998, dan “Godzilla” versi Gareth Edwards pada tahun 2014. Rencananya Godzilla ini nanti akan melawan King Kong. Sayangnya masih belum ada info lebih lanjut.

Dari kelima franchise film di atas, adakah favorit kamu? (tom)