5 Makanan dan Minuman Ini Cuma Ada di Bulan Puasa, Kamu Suka yang Mana?

Kita sudah memasuki bulan Ramadan mulai hari ini. Tentu bulan Ramadan selalu memberi banyak kesan dari sisi suasana, ibadah, bahkan sajian kuliner setiap tahunnya. Tapi sadarkah kamu, jika ternyata makanan dan minuman berikut ini hanya ada di bulan Ramadan atau bulan puasa?

1. Kurma

Kurma (Hellosehat)

Sebenarnya kurma bisa kita nikmati sepanjang tahun dan bukan hanya pada saat Ramadan saja. Namun, eksistensi makanan ini kian menanjak hanya pada saat bulan Ramadan. Terlebih lagi sesuai dengan sunnah Nabi, kita memang dianjurkan untuk menyantap kurma berjumlah ganjil saat berbuka puasa.

2. Kolak pisang

Kolak pisang (Arwini)

Meski kurang populer di luar bulan puasa, minuman manis ini pasti akan selalu tersedia di meja dan sepanjang jalan akan ada banyak yang menjualnya saat bulan puasa. Kolak sangat pas disajikan sebagai menu berbuka karena rasanya yang manis serta isiannya yang berupa pisang, ubi, atau kolang kaling ini dapat mengisi perut setelah berpuasa seharian.

3. Es pisang ijo

Es pisang ijo (YouTube)

Sajian manis khas Makassar ini juga menjadi salah satu menu buka puasa favorit. Minuman yang terbuat dari pisang raja berbalut tepung hijau dan disiram sirup manis nan dingin ini akan dengan mudah ditemui di pinggir jalan saat bulan Ramadan tiba. Rasanya yang manis dan dingin, membuat buka puasa menjadi lebih nikmat.

4. Es timun suri

Es timun suri (Kompas)

Selain minumannya, tanaman timun suri pun biasanya hanya akan ditanam menjelang sampai akhir bulan Ramadan. Nggak heran, jika es timun suri juga hanya akan kita dapatkan di bulan tersebut. Es timun suri merupakan salah satu buah yang mampu mencegah panas dalam dan memperlancar pencernaan karena banyaknya kandungan vitamin C dan serat di dalamnya.

5. Biji salak

Biji salak (YouTube)

Kalau kamu nggak ingin makan makanan berat sebelum solat magrib dan setelah berbuka puasa, biji salak dapat menjadi pilihan menu berbukamu. Berbahan dasar tepung tapioka, biji salak bisa mengganjal perutmu sebelum lanjut ke hidangan utama.

Mana hidangan yang paling sering kamu sajikan saat berpuka puasa dan mana favorit kamu? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...