Ilustrasi introvert (Plukme)

Kepribadian introvert enggak bisa disamakan dengan sifat pemalu. Banyak introvert yang senang berteman dan berkenalan dengan orang baru. Hanya saja, memulai pembicaraan dengan basa-basi adalah sesuatu yang sulit untuk kita lakukan. Buat kamu yang introvert dan ingin memulai pembicaraan duluan, maka kamu bisa ikuti 5 tips berikut ini.

1. Mengawali dengan pujian

Ilustrasi memuji (Vebma)

Saat mencoba memulai pembicaraan dengan orang yang belum kita kenal, kita bisa mengawalinya dengan pujian. Misalkan memuji bajunya yang kekinian atau makeupnya yang pas. Setelah itu kita bisa memulai percakapan kecil lainnya, seperti misalnya hobi masing-masing. Cara ini bisa melatih kita untuk lebih tenang dan bebas dalam menyampaikan pendapat.

2. Tanyakan pertanyaan lebih mendalam

Ilustrasi ngobrol (Asmaraku)

Orang dengan kepribadian introvert cenderung nggak suka berbasa-basi. Hindari pertanyaan seperti “tadi macet enggak?” atau “di luar panas ya?” karena pertanyaan seperti ini nggak akan bisa berlanjut panjang. Masih berkaitan dengan poin pertama, kamu bisa bertanya-tanya tentang hobi, siapa tahu kamu dan lawan bicara kamu punya kesamaan hobi. Jika sudah begitu, maka pembicaraan berikutnya akan lebih mudah.

3. Bikin skenario

Ilustrasi bikin skenario (Freeimageslive)

Kalau kita sudah tahu jenis acara yang akan kita datangi dan siapa saja yang akan hadir, kita bisa buat skenario dan latihan ngomong dulu di rumah. Mungkin terkesan agak berlebihan, tapi ini akan membuat kita lebih tenang dan siap untuk membuat percakapan dengan orang yang kita temui di acara itu.

4. Jadi diri sendiri

Ilustrasi jadi diri sendiri (Islamidia)

Jangan pura-pura menyukai band atau film tertentu hanya untuk basa-basi dengan orang yang baru kita kenal. Justru yang harus kita lakukan adalah menceritakan yang sebenarnya kita suka. Siapa tahu, lawan bicara kita juga suka dan percakapan kita bisa berlanjut.

5. Santai

Ilustrasi santai (Maskoolin)

Sebelum kita sampai ke lokasi acara atau sebelum memasuki ruangan, tarik napas yang panjang dan dalam. Berdiri dengan tegap dan hadirkan rasa percaya diri. Jangan paksakan diri kita ngobrol dengan banyak orang sekaligus di sebuah acara besar.

Ikuti 5 tips di atas, dan kamu yang introvert bisa memulai pembicaraan lebih dulu. (tom)