Telat bangun sahur (YouTube)

Makan sahur sudah menjadi salah satu kegiatan rutin selama bulan Ramadan. Makan sebelum subuh ini penting untuk persiapan menjalankan puasa agar nggak lemas dan tahan hingga waktu berbuka tiba.

Namun, karena waktunya yang terlalu pagi, nggak sedikit orang yang akhirnya telat bangun untuk sahur, dan berujung pada puasa tanpa sahur. Jika kamu termasuk orang yang sering telat sahur, maka kamu bisa memakan makanan praktis dan bernutrisi berikut ini.

Makanan praktis dan bernutrisi yang pertama adalah telur. Bahan makanan ini mudah diolah dan mengandung protein yang cukup tinggi. Cukup diceplok, didadar, atau diolah menjadi telur orak-arik, telur bisa disajikan dengan cepat. Bisa juga dimakan bersama dengan nasi jika tersedia.

Telur ceplok (Resepkoki)

Makanan yang kedua adalah ikan sarden kemasan. Sumber protein dan berbagai vitamin serta mineral penting ini sering tersedia dalam kemasan kaleng siap saji. Sarden yang dikemas dalam kaleng ini sangat praktis, cukup dipanaskan selama lima menit dan siap untuk disantap bersama nasi hangat. Makanan ini akan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk berpuasa seharian.

Ikan sarden kemasan (Okezone)

Makanan yang terakhir jika kedua makanan di atas nggak tersedia adalah roti. Makanan berbahan dasar tepung terigu ini memang solusi paling praktis jika kita kesiangan bangun sahur. Agar lebih bernutrisi, sebaiknya pilihlah roti yang menggunakan tambahan biji-bijian dan gandum utuh sebagai bahan pembuatannya. Kamu juga bisa menambahkan selai agar roti yang kamu makan memiliki rasa.

Roti tawar (Tokomesin)

Itulah beberapa makanan yang bisa kamu santap jika telat sahur. Selain praktis, makanan itu paling nggak bisa membuat kamu tahan lapar seharian. Agar nggak telat sahur, sebaiknya kamu tidur lebih awal dai bulan-bulan biasanya, atau pasang alarm di smartphone kamu. (tom)