Tidur (Pxhere)

Di bulan Ramadan ini, waktu sahur yang berkisar antara pukul 03.00-04.00 membuat pola tidur jadi berubah sehingga menyebabkan kita sering merasa mengantuk dan lemas di siang harinya. Agar pola tidur kamu tetap teratur dan terjaga, maka kamu bisa lakukan 5 cara berikut ini.

1. Tidur lebih cepat

Tidur dengan jam weker (Pxhere)

Jika kamu biasanya tidur di atas jam 10 atau bahkan jam 12 malam, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut dan mulai tidur lebih cepat. Ini penting dilakukan agar waktu tidurmu tetap tercukup dan kamu dapat beraktivitas dengan baik esok harinya.

2. Bikin suasana kamar jadi nyaman

Tidur (Pixabay)

Agar kamu mendapatkan tidur nyenyak yang berkualitas, penting untuk menciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Beberapa cara lain yang dapat kamu lakukan adalah berolahraga di malam hari. Hal ini dikenal ampuh membuat tidurmu lebih enak. Selain itu, pastikan kamu mematikan lampu sebelum tidur, jauhkan segala macam gadget, dan semprotkan atau pasang aroma terapi.

3. Sempatkan istirahat siang

Istirahat siang (Pxhere)

Walau waktu istirahat di kantor hanya sebentar, gunakan sebaik-baiknya untuk merehatkan tubuh. Kamu bisa memejamkan mata selama 15-20 menit agar kembali merasa segar. Atau agar rasa kantuk hilang, kamu juga bisa melakukan gerakan-gerakan senam yang ringan.

4. Tidur sebentar setelah sahur

Ilustrasi sahur (Pxhere)

Walau hanya sebentar, asal berkualitas tidurmu bisa terasa nyenyak dan tubuh bisa kembali berenergi. Jadi, nggak ada salahnya kamu kembali tidur setelah sahur. Pastikan kamu memasang alarm agar nggak kesiangan yah.

5. Rutin olahraga saat puasa

Ilustrasi olahraga (Freestockphotos)

Salah satu hal yang dapat membuat tubuh tetap fit selama puasa dan nggak mudah lesu adalah dengan rutin melakukan olahraga. Kamu bisa memanfaatkan waktu di malam hari untuk melakukan olahraga ringan seperti squat, burpee, atau lari selama 15-30 menit agar tubuh tetap bugar. Setelah berolahraga, kamu akan jadi lebih mudah untuk tidur.

Nah, biar nggak lesu dan terus ngantuk selama puasa, kamu bisa lakukan 5 cara di atas. Selain puasa lancar, kerjaan kamu pun nggak akan terganggu. Selamat mencoba! (tom)