Ilustrasi bisnis (Moneysmart)

Bulan Ramadan memang bulan yang penuh berkah. Setiap kebaikan yang kita lakukan akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda. Nggak hanya itu saja, bulan Ramadan juga bisa mendatangkan banyak rezeki melimpah jika kita mau berusaha lebih. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan rezeki adalah membuka bisnis sampingan. Ada beberapa peluang bisnis sampingan yang sangat pas dijalankan di bulan Ramadan 2018, contohnya seperti 5 bisnis berikut ini.

1. Bisnis kuliner paket buka puasa

Ilustrasi makanan buka puasa (Cewekbanget)

Di sini kita bisa menjual aneka makanan yang cocok untuk dijadikan menu buka puasa. Mulai dari aneka hidangan takjil dan makanan sehat untuk mengembalikan stamina setelah puasa seharian. Kita bisa menjualnya di pasar takjil atau bisa juga menawarkannya secara online dengan menerima permintaan sebelum masuk waktu buka puasa.

2. Bisnis kue Lebaran

Kue-kue Lebaran (Rumahmesin)

Lebaran pastinya identik dengan aneka kue kering lezat. Kalau kamu punya keahlian membuat aneka kue kering lebaran, bisa banget nih dicoba ide yang satu ini. Bulan Ramadan 2018 ini pasti akan ada permintaan untuk kue kering. Kastengel, nastar, kue putri salju, dan aneka kreasi kue kering lebaran bakal masih banyak peminatnya.

3. Bisnis baju muslim

Baju muslimah (Abyadscreenprinting)

Untuk menyambut Lebaran, banyak orang yang akan mencari baju baru atau pernak-pernik muslim lainnya. Di sini kita bisa mencoba menjual aneka produk fashion muslim, mulai dari kerudung, mukena, sarung, peci, gamis, dan lain sebagainya. Bisnis fashion biasanya akan mendulang banyak untung selama bulan Ramadan.

4. Bisnis penyewaan kendaraan

Ilustrasi mobil rental (Portalusaha)

Selain menggunakan moda transportasi umum, sebagian masyarakat ada yang memilih untuk menyewa kendaraan untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Di sini kita bisa mengambil peluang untuk menyewakan kendaraan seperti mobil atau mini bus. Bulan Ramadan 2018 ini bakal ada pemudik yang lebih memilih opsi menyewa kendaraan demi kenyamanan selama perjalanan.

5. Bisnis laundry

Ilustrasi jasa laundry (Theantiguaguide)

Masyarakat modern yang keseharian selalu padat dengan berbagai aktivitas biasanya tak punya waktu untuk sekadar mencuci pakaian sendiri. Kesibukan di bulan Ramadan 2018 pun bisa lebih padat dari sebelumnya. Di sini kita bisa mengambil peluang untuk membuka jasa laundry untuk meringankan beban orang-orang yang punya aktivitas segudang selama bulan puasa.

Jadi, bisnis mana yang akan kamu lakukan bulan Ramadan tahun ini? (tom)