Ilustrasi buka puasa (Tribunnews)

Rata-rata lama waktu puasa di Indonesia yaitu kurang lebih selama 13 jam. Namun karena Indonesia adalah negara berbentuk kepulauan yang sangat luas, setiap wilayah di Indonesia mendapatkan cahaya matahari yang berbeda-beda. Jadi beberapa wilayah di tanah air ada yang waktu puasanya agak lebih lama dari waktu normal.

Menurut keterangan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, belahan bumi utara mengalami siang lebih lama, begitupun dengan bagian utara Indonesia yang juga mengalami siang lebih lama. Jadi, di manakah wilayah di Indonesia yang mengalami durasi puasa lebih lama dari wilayah lain?

Aceh (Sumatratravelguide)

Ternyata, wilayah Indonesia yang mengalami puasa terlama adalah Aceh. Saat orang-orang di Jawa bersiap untuk salat tarawih, orang Aceh baru berbuka. Berdasarkan perhitungan Kementrian Agama Banda Aceh, waktu Maghrib di Aceh yaitu sekitar pukul 18.50 WIB. Waktu imsak di Serambi Mekah itu biasanya jatuh pada pukul 04.52 WIB dan baru berbuka pukul 18.52 WIB. Dengan kata lain, Aceh memiliki durasi puasa sepanjang 14 jam.

Pulau Rote (Kumparan)

Sementara itu, wilayah Indonesia yang mengalami puasa terpendek adalah di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Di sana, orang akan berbuka puasa pada pukul 17.31 WITA, atau 16.31 WIB. Durasi puasa di Pulau Rote ini adalah 12 jam 55 menit.

Meski mengalami perbedaan waktu, karena berada di wilayah khatulistiwa, perbedaan lama puasa di Indonesia nggak terlalu signifikan dan nggak terlalu terpengaruh gerak semu Matahari. Jadi, apakah kamu tinggal di salah satu dari dua wilayah Indonesia di atas? (tom)