Telkom University Choir (Beureum)

Beberapa waktu lalu, paduan suara Indonesia, The Resonanz Children’s Choir (TRCC), berhasil jadi juara di Eropa. Kini, prestasi serupa berhasil dihasilkan oleh paduan suara dari Telkom University Choir.

Telkom University Choir berhasil meraih juara satu dalam ajang 31st International Franz Schubert Choir Competition di Vienna, Austria, yang diadakan oleh Interkultur, penyelenggara kompetisi dan festival paduan suara di Jerman, pada 30 Mei-3 Juni 2018. Nggak tanggung-tanggung, Telkom University Choir diganjar juara satu di dua kategori lomba yaitu kategori Sacred Choral Music (S) dan kategori Mixed Youth Choir (G3).

Telkom University Choir (Telkomuniversity)

Ketua Tim Keberangkatan, Ryan Kurnia Pratama mengabarkan Telkom University Choir mendapat predikat juara di dua kategori, masing-masing, Sacred Choral Music (S) dan kategori Mixed Youth Choir (G3). Dalam kompetisi tersebut, mereka bersaing dengan 17 tim paduan suara lain dari 11 negara seperti Austria, Singapore, Norwegia, Amerika Serikat, dan Denmark. “Tim ini adalah satu-satunya perwakilan Indonesia,” kata Ryan dalam keterangan persnya, seperti dikutip dari Goodnewsfromindonesiaid, Rabu (6/6/2018).

Tim paduan suara yang diperkuat 34 penyanyi dan 1 orang conductor ini menjadi paduan suara pembuka dalam kompetisi yang berlangsung di Votivkirche. Sembari mengenakan tarian dan kostum yang mencirikan identitas kebudayaan dari Indonesia, ungkap Ryan, mereka membawakan lagu-lagu tradisional Indonesia.

Dalam kompetisi ini Telkom University Choir berhasil mendapatkan juara kategori di 2 kategori dengan predikat Gold Diplome Level VI dan mendapatkan skor tertinggi pada kompetisi tersebut serta medapatkan Qualified I sebagai kualifikasi untuk mengikuti kompetisi tertinggi di Interkultur.

Telkom University Choir (Telkomuniversity)

“Kami sangat bersyukur dengan pencapaian yang telah diraihnya bersama dengan rekan-rekannya. Pencapaian yang didapat dalam kompetisi kali ini bisa menjadi semangat dan acuan untuk menghadapi kompetisi berikutnya,” kata Ketua tim keberangkatan Telkom University Choir, Ryan.

Saat ini Telkom University Choir sedang persiapan menuju kompetisi berikutnya yaitu 9th International Krakow Choir Festival ‘Cracovia Cantans’ Krakow, Polandia yang berlangsung pada tanggal 7-10 Juni 2018. Semoga bisa menyabet juara satu lagi. (tom)