Nurul Shamsul, Cewek Blasteran Indonesia-Malaysia Jadi Finalis Miss Universe Asal Asia Tenggara Pertama yang Berhijab

Ajang Miss Universe bisa dibilang sebagai salah satu ajang kecantikan yang bisa membawa nama suatu negara ke internasional. Indonesia sendiri sempat beberapa kali mengikuti ajang tersebut, namun sayangnya harus terhenti di tengah-tengah tanpa membawa gelar Miss Universe. Untuk tahun ini, ada satu sosok yang menjadi perhatian. Dia adalah Nurul Shamsul. Siapa dia?

Nurul Shamsul adalah cewek keturunan Indonesia-Malaysia yang berhasil menjadi finalis Miss Universe 2018. Menariknya, Nurul adalah orang berhijab pertama asal Asia Tenggara yang mengikuti ajang tersebut. Cewek berusia 20 tahun itu berhasil memasuki Top 20 di ajang Miss Universe New Zealand 2018.

Nurul Shamsul (Instagram)

Nurul Shamsul melalui Instagram menyebutkan sebagai seorang wanita yang mengenakan hijab, ia berambisi menjadi yang pertama di Selandia Baru untuk masuk ke final dan menjadi yang pertama untuk mencapai pencapaian tersebut.

“Saya harap kesempatan ini dapat menghapuskan jarak serta stereotipe. Saya juga berharap secara bersama-sama kita dapat mendefinisi ulang arti kecantikan yang sesungguhnya,” ucapnya.

Di postingan lainnya, Nurul menyebutkan menjadi seorang Muslim tetap prioritas utama dalam kepercayaannya meskipun ia berpartisipasi dalam sebuah ajang kecantikan.

Nurul menyebutkan di sebuah balasan komentar di Instagramnya bahwa ibunya merupakan orang Indonesia dan ayahnya orang Malaysia. Ia juga menerangkan bahwa saat ini ia sedang menempuh kuliah di University of Waikato, jurusan Psikologi dengan konsentrasi peraturan sosial.

“Saya ingin menolong masyarakat agar berkembang dan lebih bebas serta mendukung serta menginspirasi banyak perorangan di kedepannya,” ucapnya.

Nurul Shamsul dan para peserta Miss Universe lainnya (Instagram)

Meski Nurul adalah cewek pertama asal Asia Tenggara yang berhijab dalam ajang Miss Universe, Nurul bukanlah cewek Muslim pertama yang mengikuti ajang kecantikan, Sebelumnya, seorang keturunan Somalia-Amerika bernama Halima Aden juga melakukan hal yang sama saat berpartisipasi dalam ajang Miss Minnesota USA.

Final dari ajang Miss Universe New Zealand 2018 akan diadakan pada tanggal 4 Agustus mendatang. Semoga Nurul bisa menang. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...