Berkunjung ke 5 Spot Wisata Indonesia yang Makin Terkenal Setelah Jadi Lokasi Syuting Film

Dalam beberapa tahun belakangan ini, semakin banyak film karya anak bangsa tayang di layar lebar. Film-film itu selain mendatangkan keuntungan bagi pihak pembuat film, juga menguntungkan pengelola tempat-tempat wisata. Pasalnya, ada beberapa spot wisata yang akhirnya jadi makin terkenal setelah dijadikan lokasi syuting film-film itu. Di mana saja? Berikut 5 lokasinya.

1. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha (Instagram)

Masih ingat adegan “Petualangan Sherina” di mana Sherina dan Saddam bersembunyi di sebuah gedung dari kejaran penculik? Ya, gedung itu adalah Observatorium Bosscha. Tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia ini terletak di daerah Lembang, Bandung. Di dalamnya terdapat bebrapa buah teleskop besar, di antaranya adalah teleskop Refraktor Ganda Zeiss, Schmidt Bima Sakti, Refraktor Bamberg, dan Cassegrain GOTO.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur (Instagram)

Candi yang bisa disebut sebagai candi terbesar di dunia. Nggak heran jika banyak sineas luar akhirnya tertarik untuk menjalani syuting di sini. Salah satunya adalah untuk lokasi film “Java Heat”. “Java Heat” adalah satu-satunya film yang mendapatkan izin syuting di kawasan Candi Borobudur. Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini memang memiliki aturan yang sangat ketat. Karena muncul dalam film tersebut, akhirnya banyak turis mancanegara yang penasaran dan mendatangi Candi Borobudur.

3. Benteng Van der Wijck

Benteng Van der Wijck (Instagram)

Benteng ini terletak di daerah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Ia berdiri pada tahun 1818 atas prakarsa Jenderal Van den Bosch. Dulunya, benteng ini didirikan dengan tujuan untuk memperkuat pertahanan dan mempersempit ruang gerak musuh di Kedu Selatan. Nah, dalam film “The Raid 2: Berandal”, benteng ini dijadikan sebagai tempat tahanan saling bertarung satu sama lainnya.

4. Gereja Ayam

Gereja Ayam (Instagram)

Objek wisata ini menjadi semakin hits berkat jadi lokasi syuting film “Ada Apa dengan Cinta? 2”. Makin banyak turis, terutama anak-anak muda, yang antusias mengunjungi tempat ini setelah menonton filmnya. Bangunan yang sempat terbengkalai sejak tahun 1990-an ini terletak di atas Bukit Rhema di daerah Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah.

5. Air terjun Tanggedu

Air terjun Tanggedu (Instagram)

Objek wisata yang satu ini sempat muncul dalam film “Susah Sinyal” garapan Ernest Prakasa. Meski untuk menuju ke sana harus menempuh perjalanan yang jauh dan agak melelahkan, pemandangan yang disuguhkan oleh air terjun yang berjarak sekitar 45 km dari Kota Waingapu ini sungguh nggak mengecewakan.

Sudahkah kamu mengunjungi kelima tempat di atas? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...