Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru China sebentar lagi akan datang yaitu tepatnya pada tanggal 5 Februari 2019. Peringatan ini adalah salah satu perayaan yang dilakukan hampir di seluruh dunia oleh etnis tionghoa. Maka Indonesia juga tak luput menjadi salah satu negara yang merayakan Tahun Baru Imlek tersebut. Bukan hanya sekedar dirayakan di negara asalnya China saja.

Yang saya ingat dari Imlek adalah setiap hari Imlek, di daerah saya selalu datang hujan. Mungkin karena waktunya yang juga bertepatan dengan musim penghujan kali ya.. Tapi kebanyakan orang meyakini kalau datang hujan saat imlek, maka akan banyak rezeki yang datang. Tapi memang benar sih, Hujan kan memang sudah rezeki dari Tuhan untuk semua makhluknya.

Hal lain yang juga membuat saya ingat akan datangnya tahun baru imlek adalah banyaknya promo Imlek di beberapa atau hampir semua toko online yang tersebar luas di internet. Mungkin karena saya adalah seorang yang senang berbelanja online, makanya.. Semua momen selalu dihubung-hubungkan dengan online shopping. Setiap Imlek saya selalu berbelanja untuk membeli kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan lainnya. Alasannya, tentu saja karena harga yang diberikan oleh e-commerce e-commerce besar di Indonesia yang begitu menggiurkan dengan memiliki banyak yang diskon. Tapi.. kali ini saya akan membahas beberapa hal yang mungkin belum kamu tahu tentang fakta Tahun Baru Imlek.

Tanggalnya berubah setiap tahun

Meski sama-sama terjadi antara pertengahan bulan Januari sampai Februari, Tahun Baru Imlek selalu memiliki tanggal yang berubah-ubah. Tidak seperti tahun baru masehi ataupun tahun baru Islam yang memiliki tanggal yang tetap sepanjang masa. Hal Ini karena mereka merujuk pada kalender Cina dan mengikuti pergerakan bulan.

Perayaan berlangsung 15 hari

Biasanya perayaan Tahun Baru Imlek disertai dengan festival lentera di negara asalnya yaitu China. Pada akhir momen biasanya Imlek juga dirayakan dengan perayaan cap go meh. Di Indonesia Cap Go Meh juga menunjukkan bahwa perayaan Imlek Telah Usai. Karena pelaksanaannya yang begitu lama tersebut, biasanya masyarakat Tionghoa memanfaatkan
momen imlek dengan pulang ke kampung halaman mereka. Ya.. mungkin mirip-mirip seperti mudik lebaran di Indonesia.

Barongsai

Pasti kamu juga sering melihat perayaan Imlek yang erat kaitanya dengan pertunjukan Barongsai. Ternyata Barongsai bukan hanya hiburan semata yang ditampilkan saat tahun baru China ini. Melainkan barongsai diyakini untuk mengusir roh jahat serta berbagai hal negatif di akhir tahunnya.

Kembang api

Kebiasaan yang tidak bisa lepas dari perayaan tahun baru adalah banyaknya orang yang merayakannya dengan menyalakan kembang api atau petasan. Selain untuk memeriahkan pergantian tahun bagi etnis Tionghoa, kembang api juga diyakini untuk mengusir roh jahat seperti acara barongsai.

Identik dengan warna merah

Pernah berpikiran nggak sih kalau Imlek Selalu identik dengan warna merah. Baik itu pakaian yang mereka kenakan, amplop angpao serta peralatan-peralatan yang etnis Tionghoa gunakan saat merayakan Imlek. Ternyata warna merah ini memiliki arti yang sama yaitu semangat dan keberuntungan. Tapi bagi saya yang paling menarik sih isi amplop angpaonya ya kan Hehehe..

Keuntungan Tahun Baru Imlek bagi yang tidak merayakan

Eits.. jangan dikira kita yang tidak ikut merayakan tahun baru imlek tidak dapat kebagian untungnya ya.. Dari fakta-fakta di atas, ternyata ada 1 fakta yang bisa kamu manfaatkan jika kamu tidak ikut merayakan Tahun Baru Imlek. Di Tahun Baru china ini banyak sekali toko-toko online yang memberikan banyak penawaran harga khusus dan juga promo Imlek lain yang bisa kamu Nikmati. Saat itu kamu bisa berbelanja dengan hemat dengan menggunakan voucher belanja ataupun memanfaatkan promo imlek seperti flash deal.

Nah kali ini, Bukalapak juga bakal ikutan merayakan imlek dengan memberikan diskon dan promo imlek lo. Jika kamu belum install aplikasinya, sebaiknya mulai sekarang kamu install di smartphone milikmu agar tidak ketinggalan promo imlek di Bukalapak.