Mencuci muka adalah salah satu perawatan wajah yang paling mudah dilakukan. Kamu pasti membilas atau mencuci wajahmu saat mandi. Namun, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal saat mencuci muka. Jika kamu malas, wajahmu akan kusam dan bisa mempercepat penuaan dini loh. Makanya, mencuci muka harus dilakukan dengan cara yang benar.

Lakukan Rutinitas Mencuci Muka Dua Kali Sehari

Seberapa sering kamu harus mencuci wajahmu setiap hari? Setidaknya, kamu perlu mencuci wajah sebelum dua kali sehari. Pastikan untuk menggunakan sabun pembersih wajah yang cocok untuk kulitmu, lalu aplikasikan sebelum memulai aktivitas dan setelah selesai beraktivitas.

Biasanya karena sudah lelah, kamu akan melewatkan tahapan mencuci wajah di malam hari setelah selesai beraktivitas. Nah, sekarang bayangkan saja, kalau kamu sudah book tiket All Nippon Airways murah untuk liburan ke Jepang, menjalani durasi penerbangan panjang di pesawat, lalu tidak mencuci muka. Pasti kulit wajahmu merasa lelah dan terlihat kusam.

Oleh karena itu, sebisa mungkin sempatkan untuk mencuci wajahmu secara teratur. Hanya berbekal sabun pencuci muka, kamu bahkan bisa melakukannya di tempat umum. Setelahnya, kamu akan merasa lebih segar dan kulitmu pun lebih sehat.

Temukan Sabun Pencuci Muka yang Cocok

Memilih sabun pencuci muka memang gampang-gampang susah. Ada baiknya kamu memilih sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu. Namun, perlu diperhatikan bahwa efek dari penggunaan produk perawatan wajah juga membutuhkan waktu. Berapa lama?

Biasanya diperlukan waktu sekitar sebulan untuk mengetahui apakah sabun pencuci muka kamu cocok untuk jenis kulit wajahmu. Jadi, jangan langsung ganti produk saat baru menggunakannya selama seminggu. Gunakan sabun pencuci wajah secara rutin dan lihat terlebih dahulu hasilnya.

Menggunakan Eksfoliator agar Sisa Riasan Tidak Menempel

Hal yang tidak kalah penting adalah melakukan eksfoliasi. Ada berbagai produk eksfoliator yang bisa kamu gunakan untuk membuang racun dan kotoran pada bagian terdalam kulit. Nah, penggunaan eksfoliator ini bisa kamu lakukan 2-3 kali seminggu. Tidak perlu setiap hari karena bisa memicu terjadinya iritasi pada kulit wajah.

Apa manfaat dari proses eksfoliasi? Jika kamu menggunakan riasan wajah setiap hari, tidak akan ada sisa riasan yang tertinggal setelah kamu mencuci wajah. Jadi, mencuci wajah saja memang tidak cukup untuk menjaga kulitmu bersih dari semua kotoran. Tidak sulit kok, menjaga kulit wajahmu dengan produk perawatan. Apalagi kalau kamu sudah menemukan produk yang cocok untuk kulit, hanya perlu diaplikasikan dengan rutin saja.

Tidak Menggunakan Beberapa Skincare Sekaligus

Meskipun banyak produk skincare kekinian yang semakin ramai dibicarakan, belum tentu semuanya cocok dengan kulit wajahmu. Nah, penting nih, agar kamu tidak asal beli skincare Korea atau Jepang hanya karena ikut-ikutan tren.

Jika ingin beli sesuatu saat liburan ke Jepang atau Korea, tidak harus beli skincare. Ada banyak pilihan oleh-oleh lain yang bisa kamu dapatkan tanpa harus mengorbankan kulit wajahmu. Misalnya teh jepang, camilan, atau pernak-pernik tradisional yang khas.

Tidak perlu merasa repot untuk mencuci muka dengan pembersih wajah. Jika sudah rutin dilakukan, kamu akan terbiasa dan bisa merasakan manfaatnya di mana pun berada. (jow)