Tak bisa dimungkiri bahwa packing seringkali menjadi masalah utama bagi para traveler apalagi waktu liburannya lama sehingga butuh lebih banyak pakaian untuk dibawa. Kendala lain pun muncul ketika kamu enggan membawa koper besar dan lebih memilih untuk memasukkan semua barang bawaan ke dalam koper kabin.

Tak perlu khawatir karena sebenarnya kamu masih bisa menyiasati hal tersebut dengan trik packing jitu. Barang bawaan yang tadinya bingung mau disimpan di mana dijamin bisa muat masuk ke dalam satu koper berukuran kecil sekali pun. Bagaimana caranya? Berikut cara packing di koper agar muat banyak.

1. Siapkan semua barang yang akan dibawa

Sebelum mulai packing, ada baiknya untuk membuat daftar barang yang akan dibawa. Diawali dengan memilih baju yang akan dipakai nantinya. Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlahnya dengan lamanya perjalanan kamu. Ingat, tak perlu membawa satu isi lemari guna bisa tampil stylish selama liburan. Keahlian yang kamu butuhkan adalah kemampuan dalam memadupadankan baju.

Setelah semua barang telah dipersiapkan, kroscek kembali apakah semua barang yang dibawa telah lengkap dan jumlahnya sesuai dengan lamanya perjalanan kamu. Jika sekiranya ada barang yang tidak dibutuhkan, sebaiknya tinggalkan di rumah supaya bisa menambah ruang pada koper. 

2. Manfaatkan ruang kosong

Cara packing yang benar adalah tidak menyia-nyiakan ruang kosong, termasuk ruang pada sepatu yang kamu bawa. Kamu bisa memanfaatkan sepatu sebagai wadah untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil seperti kaos kaki atau pakaian dalam.

Caranya pun mudah, cukup menggulungnya hingga menjadi gulungan-gulungan kecil kemudian bungkus sepatu dengan kantong plastik supaya tidak mengotori barang bawaan lainnya. Jika ruang pada sepatu sudah terisi penuh, manfaatkan sisi-sisi koper yang masih kosong.

3. Gulung pakaian

Menggulung pakaian memang akan membuat hasil lipatan menjadi lecek, tapi menurut kebanyakan orang cara ini justru menjadi penyelamat buat kamu yang ingin packing, baik itu dengan backpack maupun koper. Namun nyatanya, tidak semua baju bisa digulung. Hanya baju yang berbahan tipis seperti kaos, dress, atau baju tidur yang bisa digulung rapi.

4. Tumpuk pakaian sesuai jadwal pemakaian

Nah, setelah semua baju digulung rapi, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menata gulungan pakaian tersebut sesuai dengan jadwal pemakaiannya. Pakaian yang paling pertama dikenakan harus berada di tumpukan paling atas, sedangkan pakaian yang dipakai paling terakhir bisa kamu tata di bagian tumpukan paling bawah. Cara ini tak hanya memudahkanmu saat packing tapi juga akan membuat tumpukan pakaian tetap rapi.

5. Gunakan travel bag organizer

Mau lebih rapi lagi? Coba saja gunakan travel bag organizer atau juga disebut packing cube. Penggunaan travel bag organizer akan memberikan ruang lebih pada koper sehingga kamu bisa menyelipkan lebih banyak barang pada ruang yang tersisa. Umumnya, travel bag organizer dijual dalam beberapa bagian, sesuai dengan kelompok barangnya. Kamu tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

6. Pisahkan dokumen penting ke dalam tas berbeda

Untuk memberikan ruang lebih pada koper, sebaiknya pisahkan sejumlah barang yang sekiranya bisa disimpan di dalam tas yang terpisah. Misalnya saja, dokumen penting yang terdiri dari tiket pesawat, kartu identitas, kartu ATM, hingga kartu BPJS Kesehatan sekali pun wajib disimpan di dalam sebuah tas kecil seperti tas pinggang. Powerbank, handphone, dan travel charger juga bisa kamu masukkan ke dalam tas berisi dokumen penting.

7. Kompres baju berbahan tebal dengan vacuum travel bag

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah mengompres seluruh baju yang berbahan tebal dengan menggunakan vacuum travel bag. Gunakan vacuum sealer dan vacuum travel bag yang dirancang khusus untuk traveling. Saat baju dipak dalam vacuum travel bag, tak akan ada lagi udara di dalamnya sehingga baju terkompresi dan kamu menjadi punya lebih banyak ruang untuk menyimpan barang lainnya.

Pertanyaan mungkin akan muncul, apakah baju yang telah di-vacuum akan kusut? Penggunaan vacuum travel bag memang akan menyebabkan baju menjadi sedikit kusut, tapi baju tidak akan menimbulkan bau apek sema sekali walau telah disimpan lama di dalam vacuum travel bag.

Itu dia tips packing barang yang bisa kamu coba di rumah. Jika tak ada langkah yang terlewat, dijamin semua barang bawaanmu bisa muat dalam satu koper saja. Selamat mencoba! (jow)