Bau mulut sering menjadi masalah utama orang-orang saat menjalani ibadah puasa. Penyebabnya bisa dikarenakan keadaan mulut yang kering atau akibat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Masalah ini tentu bisa membuatmu tidak nyaman dan menjadi kurang percaya diri. Meski begitu, bau mulut saat berpuasa bisa diatasi dengan sejumlah cara. Apa saja? Sebagai referensinya, berikut tips mencegah bau mulut saat berpuasa.

1. Kumur dengan air lemon

Buah lemon memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Salah satunya bisa dijadikan sebagai obat kumur yang berfungsi untuk menghilangkan bau tak sedap pada mulut. Caranya mudah, tinggal peras air lemon lalu campurkan ke dalam air. Kemudian, tambahkan seperempat cangkir baking soda dan sejumput garam. Aduk semua bahan tersebut dan air lemon siap digunakan. Kamu bisa kumur-kumur setelah santap sahur. Jika dilakukan secara rutin, dijamin nafas kamu akan terasa lebih segar selama berpuasa. 

2. Perbanyak minum air putih

Pastikan kamu minum banyak air putih ketika berbuka dan sahur. Seperti yang sudah disebutkan di atas kalau kondisi mulut yang kering dapat menyebabkan bau mulut. Oleh sebab itu, minumlah minimal delapan gelas air putih sehari. Empat gelas saat sahur dan empat gelas saat berbuka. Cairan tubuh yang terpenuhi akan meningkatkan produksi air liur dengan cepat, sehingga tak ada lagi masalah bau mulut yang akan kamu alami.

3. Gosok gigi dan lidah setelah sahur

Tips selanjutnya untuk mencegah bau mulut saat berpuasa adalah dengan membersihkan mulut secara menyeluruh. Mulailah dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menghilangkan plak dan sisa makanan. Kemudian, lidah juga harus dibersihkan secara rutin. Kamu bisa menggunakan alat pembersih lidah khusus atau biasanya di bagian belakang sikat gigi sudah dilengkapi dengan pembersih lidah. Untuk hasil yang terbaik, bersihkan mulut setelah sahur dan sebelum tidur.

4. Olahraga ringan

Kalau olahraga sendirian mungkin sangat membosankan, kamu bisa telepon temanmu untuk menemani kamu berolahraga. Biar saluran telepon tidak terputus gara-gara pulsa habis, pastikan kalau kamu beli pulsa telkomsel dulu, ya. Selama bulan Ramadan, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga, bersepeda, jogging, dan lompat tali. Biar tidak terlalu lelah, pilih waktu olahraga yang tepat, yakni di sore hari menjelang waktu berbuka.

5. Hindari mengonsumsi makanan yang berbau tajam

Supaya tidak mengalami bau mulut saat berpuasa, sebaiknya cermati apa yang kamu konsumsi ketika sahur. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu berbau tajam seperti petai dan jengkol sebab baunya akan melekat sepanjang hari di mulut walau sudah gosok gigi sekali pun.

6. Jangan merokok saat sahur

Untuk kamu yang terbiasa merokok saat sahur dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan ini. Selain tidak baik untuk tubuh, tembakau pada rokok juga dapat menyebabkan masalah pada gusi yang akibatnya mulut jadi menimbulkan bau yang tak sedap.

7. Konsumsi buah-buahan yang tinggi serat

Tahukah kamu kalau salah satu penyebab bau mulut adalah pencernaan yang kurang baik? Nah, biar tidak mengalami bau mulut lagi, sebaiknya perbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung serat. Kandungan serat yang tersimpan di dalam buah akan melancarkan pencernaan yang sempat terhambat. Selain buah, perbanyak pula sayuran hijau yang juga tinggi serat. Atau, kamu juga bisa mengonsumsi yoghurt untuk melicinkan rongga-rongga di dalam sistem pencernaan.

Itulah tips ampuh mencegah bau mulut saat berpuasa. Jika sudah tahu tipsnya, segara lakukan tips di atas biar nafasmu kembali segar walau harus menahan haus dan lapar selama hampir seharian. Yuk, coba dan buktikan! (jow)