Perjalanan dengan menggunakan bus memang menjadi alternatif yang paling praktis dan aman untuk menempuh jarak antarkota. Namun, kamu harus tetap memperhatikan barang bawaan di dalam bus, terutama saat bepergian sendirian. Hal ini bisa mengantisipasi kemungkinan adanya orang yang ingin berniat buruk pada kamu.

Nah, untuk memastikan perjalanan kamu dengan menggunakan bus tetap aman, pilih juga armada bus yang terpercaya. Untuk melihat salah satu moda transportasi yang aman, kamu bisa lihat info lengkap bus restu mulya. Perhatikan juga beberapa hal ini untuk menyimpan barang bawaan di dalam bus.

1. Melapisi ransel dengan backpack cover

Bawa ransel untuk kebutuhan penyimpanan barang saat pakai bus untuk perjalanan antarkota adalah pilihan paling praktis. Meski begitu, terkadang ransel kamu jadi kotor saat disimpan di dalam bagasi atau di bagian bawah tempat duduk. Nah, kamu bisa menjaga tas ransel agar tetap bersih dengan menggunakan backpack cover. Tidak hanya bersih dari kotoran, pelapis tas ransel ini juga bisa menjaga tas ransel agar tetap kering saat terkena air hujan. Jadi, perjalananmu lebih praktis dan nyaman deh.

2. Menyimpan barang berharga di dalam tas terpisah

Daripada harus mengambil dompet yang tergelincir ke bagian bawah tas pakaian, mendingan bawa tas kecil terpisah untuk menyimpan barang-barang berharga. Dompet yang kamu simpan di dalam tas terpisah akan lebih mudah untuk dijangkau saat kamu ingin membeli sesuatu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyimpan dompet dengan camilan atau air minum yang bisa diambil dengan praktis saat perjalanan di dalam bus. Jadi, kamu bisa menyimpan tas berisi pakaian atau oleh-oleh di dalam bagasi bus sehingga ruang duduk lebih luas.

3. Tidak membawa uang tunai dalam jumlah banyak

Membawa uang tunai untuk melakukan transaksi dalam perjalanan menggunakan bus memang penting. Namun, sebaiknya kamu tetap membatasi jumlah uang tunai yang dibawa. Jika kebetulan terlihat oleh orang lain, kamu bisa jadi target incaran orang.

Setidaknya kamu membawa uang tunai yang cukup untuk jatah satu kali makan saja. Selain itu, sediakan juga pecahan uang kecil untuk berjaga-jaga saat kamu harus membayar retribusi toilet atau tip untuk kernet buss.

4. Tidak mencolok saat membawa gadget

Nah, hal ini yang biasanya luput dari perhatianmu, terutama saat asyik menggunakan gadget di tangan. Bukan berarti kamu tidak boleh membawa gadget untuk menggunakan layanan streaming atau main game, tetapi sebaiknya tetap awas dengan keadaan di sekitar.

Jangan sampai lupa menyimpan gadget ke dalam tas setelah selesai main game atau tidak menutup rapat tas tempat menyimpan smartphone saat tertidur mendengarkan musik. Jika hal ini sudah diperhatikan, kamu tidak akan menarik perhatian orang lain yang mungkin punya niat jahat kepadamu.

5. Menyimpan barang-barang penting di tempat yang mudah dijangkau

Nah, untuk menjangkau barang-barang agar tidak perlu mengacak-acak tas, simpanlah di tempat yang mudah dibuka, misalnya kompartemen bagian depan tas. Barang-barang seperti powerbank, obat-obatan pribadi, atau headset bisa diletakkan di kompartemen terpisah. Jadi, tidak perlu tercecer dan sulit dicari.

Kalau kamu sudah melakukan beberapa persiapan di atas untuk menyimpan barang-barang bawaan, perjalanan kamu di dalam bus akan tetap aman. Meskipun kamu pergi sendirian, kamu tidak akan menarik perhatian orang karena barang-barangmu tersimpan rapi dan aman. (jow)