Kamu pasti paham bahwa biaya jalan-jalan ke luar negeri enggak murah. Namun, jalan-jalan ke luar negeri bakalan beneran butuh banyak biaya kalau kamu enggak cermat atau maunya enak tinggal duduk dan nikmatin paket wisata yang disediakan sama penyedia jasa travelling. Nah, jalan-jalan kere hore adalah sebuah keniscayaan kalau kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini. Simak terus ya!

1. Pilih Maskapai Penerbangan yang Tepat

Sekarang ini sudah banyak tiket pesawat ke luar negeri yang harganya tidak mahal. Kamu bisa dengan mudah cek tiket pesawat ke negara yang bakal jadi tujuan liburan kamu di internet. Belum lagi, beragam promo tiket murah ke luar negeri terus gentayangan di beragam situs. Intinya, kamu harus waspada dan sering-sering cek situs penyedia jasa booking tiket pesawat. Kalau perlu, iseng aja gabung aja ke grup backpacker yang ada di beragam media sosial, di sana sering ada informasi situs-situs yang lagi ngadain promo banting harga tiket pesawat ke luar negeri. Kalau kamu mau pergi ke beberapa destinasi seputaran Asia, misalnya Thailand, beberapa maskapai yang harus kamu perhatikan, antara lain AirAsia, Scoot, Thai Lion, dan Jet Star.

2. Pilih Waktu yang Tepat untuk Pergi Liburan ke Luar Negeri

Hal yang paling penting dalam mewujudkan liburan murah meriah sebenarnya adalah pergi di waktu yang tepat. Misalnya, kamu harus pahami low season dan high season di negara yang bakal menjadi tujuan liburan kamu. Jika kamu mau pergi ke negara Eropa—yang terkenal dengan banyak tujuan wisata musim dinginnya—kalau kamu pergi ke sana saat musim panas, tentunya bakal lebih sedikit uang yang kamu butuhkan. Tentunya saat high season harga tiket pesawat akan lebih murah.

3. Kuasai Sedikit Bahasa di Negara Destinasi

Demi lancarnya liburan, kamu juga harus bisa menguasai sedikit bahasa di negara yang jadi tujuan liburan kamu. Sekadar buat ngomong saat melakukan proses jual-beli, atau kuasai kalimat bertegur sapa dan percakapan saat berkenalan. Intinya, para pribumi akan sangat senang kalau ada pendatang yang bisa bicara dalam bahasa ibu mereka. Toh, dengan bisa mengerti bahasa mereka, kamu akan paham kalau ada niatan buruk dari orang-orang jahat. Jadi peluang kamu akan ditipu di negeri orang akan jadi minimal.

4. Pastikan Segala Dokumen Identitas Kamu Lengkap

Kamu pasti tahu dong bahwa untuk bisa plesiran ke luar negeri ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan. Setidaknya KTP dan paspor harus kamu miliki dan waktu berlakunya masih aman, untuk paspor minimal masa berlaku di atas 6 bulan. Beberapa negara juga mewajibkan pelancongnya untuk memiliki visa. Jadi, pastikan semua dokumen identitas untuk syarat kamu mengunjungi sebuah negara sudah kamu siapkan.

5. Bawa Uang Kas yang Cukup

Buat kamu yang mau pergi ke luar negeri, duit memang hal yang paling penting. Kalau kamu mau ke Malaysia atau Singapura, sebisa mungkin kamu tukarkan uang kamu di money changer lokal. Jangan kamu tukar di bandara ya, mahal. Ada juga mata uang yang tidak ada di sini, semisal Rupee Nepal. Lebih baik kamu bawa dolar ke sana. Lebih aman sih, daripada bawa rupiah yang tidak berharga di luar sana.

Mudah-mudahan beberapa tips di atas bisa berharga buat kamu yang mau plesiran ke luar negeri. Semoga juga perjalanan kamu ke luar negeri aman terkendali. Aamiin. (jow)