Don't be Captious

Yuk Ketahui Cara Daftar Internet Banking Mandiri dengan Mudah

Admin Post
Admin Post
I am not just a blogger, I am a professional procrastinator with a knack for oversharing. My hobbies include drinking coffee, taking pictures of my food, and pretending I have my life together.

Saat ini perkembangan teknologi dan informasi telah merambah ke berbagai sektor termasuk dunia perbankan yang cukup dinamis dan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Penggunaan internet banking untuk mendukung layanan finansial jarak jauh merupakan salah satu terobosan yang telah banyak diimplementasikan oleh perbankan.

Anda dapat melakukan berbagai macam transaksi perbankan melalui ponsel atau laptop. Dan transaksi ini harus terkoneksi dengan jaringan internet dengan menggunakan internet banking, Salah satunya ialah Bank Mandiri yang menyediakan Internet dan Online Banking Mandiri. Di antaranya ialah internet banking nasabah individual dan bisnis.

Cara mengaksesnya yaitu dengan membuka situs resmi bankmandiri.co.id di ponsel atau laptop / PC yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Mengenal Internet Banking Mandiri

Internet Banking Mandiri ialah saluran distribusi bank untuk mengakses rekening yang dimiliki oleh nasabah. Dilakukan melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat lunak browser pada komputer. Layanan ini dapat digunakan secara realtime melalui akses internet selama 24 jam sehari atau 7 hari dalam seminggu. Untuk mengaksesnya sangat mudah, Anda hanya buka https://ib.bankmandiri.co.id. Lalu ketikkan User ID dan PIN.

Kelebihan Internet banking Mandiri

Saat ini penggunaan aplikasi perbankan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Sebab sangat mudah untuk mengaksesnya. Seperti untuk mengecek saldo, menarik uang, sampai dengan membayar tagihan melalui ponsel atau laptop yang terkoneksi jaringan internet.

Berikut merupakan kelebihan internet banking Mandiri yang perlu Anda ketahui:

  • Praktis digunakan, Anda dapat mengakses layanan keuangan kapanpun atau selama 24×7 hari
  • Dapat diakses dimanapun dan kapanpun sepanjang terkoneksi dengan akses internet
  • Terdapat user interface yang lebih mudah untuk dipahami atau dengan kata lain ialah user friendly  
  • Anda dapat melakukan transaksi lain,seperti membayar listrik, membayar telepon rumah, membayar voucher isi ulang listrik, hingga transfer antar rekening maupun transfer antar bank
  • Dengan satu user ID, Anda dapat mengakses berbagai produk yang ada di Bank Mandiri, seperti tabungan Giro, Deposito, Kartu Kredit, hingga Rekening Pinjaman
  • Hanya dengan menggunakan konfigurasi minimum di browser standar, Anda dapat menikmati layanan ini.
  • Semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan platform ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Kecuali biaya perbankan. Umumnya biaya ada pada perbankan konvensional, seperti biaya transfer antar bank.
  • Aman untuk digunakan. Dikarenakan semua transaksi akan dilindungi oleh multi-layered security system dan token.

Mandiri Internet Banking Melalui Situs Resmi Bank Mandiri

Jenis rekening yang dapat mengakses layanan Mandiri Internet ialah semua jenis rekening Bank Mandiri, baik tabungan mandiri individual, tabungan mandiri bisnis, giro perorangan dengan mata uang rupiah atau mata uang asing lainnya. Begitu juga dengan nasabah deposito, kartu kredit dan rekening pinjaman perorangan Bank Mandiri.

Biaya Layanan Mandiri Internet Banking

Pada umumnya semua transaksi yang menggunakan internet banking adalah gratis. Kecuali untuk pembelian token. Anda harus membelinya di awal pendaftaran seharga Rp20.000 hanya sekali bayar. Dan untuk biaya penggantian token yang hilang akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000.

Token Internet Banking Mandiri

Token ialah alat untuk menambahkan lapisan pengamanan. Token harus digunakan untuk login dan mengakses layanan internet banking. Token berfungsi untuk membuat One Time Password atau PIN dinamis setiap kali Anda ingin melakukan transaksi keuangan. Sedangkan login ke Mandiri Internet banking dapat dilakukan tanpa adanya transaksi keuangan. Seperti hanya untuk mengecek saldo dan mutasi rekening. Dan Anda tidak perlu menggunakan token.

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan dari Internet Banking Mandiri, kini akan diulas mengenai cara daftar internet banking Mandiri, menurut panduan yang dikutip dari situs Duwitmu.com. Caranya mudah, dapat dilakukan melalui internet banking, ATM Mandiri terdekat, atau datang ke kantor cabang Mandiri terdekat.

Langkah 1: Dapatkan ID Akses

1. Di ATM Mandiri

  • Pilih menu registrasi e-banking. Lalu ikuti instruksi yang ada pada layar ATM Mandiri untuk membuat Access Code.
  • Buat ID akses dengan menggunakan 16 digit yang tertera pada kartu debit Mandiri Anda.
  • Setelah Anda mendaftarkan kode akses di ATM Mandiri, segera ke kantor Bank Mandiri terdekat untuk mendapatkan token. Dengan cara mengisi formulir aplikasi token dan ikuti instruksi yang tercantum pada manual penggunaan token.

2. Di Kantor Cabang Mandiri

  • Isi formulir pendaftaran e-banking di kantor cabang terdekat.
  • Setelah Anda mendapatkan email dari pihak bank berupa ID Akses, Anda dapat mengambil token di kantor Bank Mandiri yang dipilih.

Langkah 2: Aktifkan Token

  • Aktifkan Mandiri Internet dan token ke situs www.bankmandiri.co.id
  • Masukan ID akses dan kode akses yang telah Anda terima dari pihak Bank setelah melakukan pendaftaran melalui ATM atau datang ke kentor cabang Mandiri.
  • Buat ID pengguna Internet Banking Mandiri dan PIN, agar Anda dapat melakukan login.

Cara Daftar Internet Banking Mandiri secara Online

1. Masukkan nomor kartu mandiri debit, beserta expiry date dan tanggal lahir Anda.

2. SMS akan dikirimkan untuk memverifikasi nomor ponsel Anda.

3. Setelah berhasil diverifikasi, tentukan username dan password yang Anda kehendaki.

4. Informasi ini harus dirahasiakan dan jangan pernah dibagikan ke orang lain.

5. Aktivasi Mandiri Online telah berhasil dan Anda dapat mulai bertransaksi.

Syarat Daftar Internet Banking Mandiri secara Online

  1. Mengisi dan menandatangani Formulir Aplikasi Internet Banking dan SMS Banking yang dapat diperoleh di cabang atau di situs Internet Bank Mandiri.
  • Menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah seperti KTP, SIM, Paspor, KIMS, dan bukti kepemilikan pemegang rekening.
  • Bagi pemegang rekening gabungan, masing-masing pemegang tabungan harus mengisi Formulir Aplikasi Internet Banking dan SMS Banking, serta akan memperoleh User ID dan PIN yang berbeda.
  • Harus memiliki alamat email.
  • Pengguna telah memperoleh Access ID dan Access Code dari Bank untuk keperluan aktivasi di situs Mandiri Internet.
  • Baca dan pahami Syarat dan Ketentuan Mandiri Internet.

Tingkat Keamanan Internet Banking Mandiri

Sebagai salah satu platform untuk mengakses layanan perbankan, setiap transaksi yang dilakukan di internet banking harus teruji keamanannya. Berikut ialah beberapa jenis perlindungan transaksi yang ditawarkan oleh Internet Banking Mandiri:

  • Setiap transaksi di Internet Banking Mandiri menggunakan program internasional dengan standarisasi SSL 3.0 dan jenis enkripsi 128 bit. Sistem ini ialah sistem yang paling canggih saat ini yang memungkinkan setiap informasi finansial pribadi yang dijalankan tidak akan mudah diretas oleh hacker.
  • Setiap pengguna akan mendapatkan User ID dan password yang unik. Sehingga tidak akan terjadi duplikasi pengguna internet banking. Pengguna juga memiliki tiga kali kesempatan untuk memasukkan password. Sehingga hal ini dapat mencegah terjadinya penyusupan terhadap akun bank.
  • Setiap transaksi keuangan yang dilakukan dengan menggunakan internet banking diharuskan menggunakan tambahan pengaman berupa token yang akan didapatkan dari Bank Mandiri.

Memanfaatkan teknologi canggih dengan menghadirkan Internet Banking Mandiri sangat memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan setiap transaksi yang akan dilakukan. Untuk mengecek saldo, transfer, dan yang lainnya. Ini berarti pengguna tidak perlu lagi harus datang ke bank ataupun ATM terdekat. Dengan ulasan mengenai cara daftar internet banking online, tentunya akan membuat Anda tidak ragu lagi untuk menggunakan internet banking. (jow)

Latest article