Mahalnya harga rumah kerap menjadi batu sandungan seseorang untuk membeli hunian. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah dengan harga yang murah, salah satunya dengan membeli rumah bekas.

Memang rata-rata harga rumah bekas lebih murah jika dibandingkan dengan hunian baru, begitu juga dengan di Jakarta, harga rumah bekas di sana cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan rumah baru.

Berdasarkan data Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi), minat orang untuk membeli rumah bekas di Jakarta terus meningkat tajam, bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan minat untuk membeli rumah baru. Contohnya pada tahun 2018, minat orang untuk membeli rumah second sebesar 2.675 orang, sementara rumah baru sebesar 2.322 orang.        

Nah, bagi Anda yang saat ini mencari rumah dijual di Jakarta dengan harga yang bersahabat, berikut ini adalah lokasi rumah bekas termurah yang berada di Jakarta.

1.Rorotan

Rorotan merupakan salah satu kelurahan yang berada di Cilincing, Jakarta Utara. Luas wilayah di sana mencapai 10.637 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebesar 45.520 jiwa. Harga rumah bekas di sana adalah 7,6 juta rupiah per meter persegi. Jika dibandingkan dengan harga rumah dijual di Jakarta di tempat lainnya, nilai tersebut tergolong masih sangat murah.

Mayoritas pencari informasi jual rumah di Rorotan sendiri didominasi oleh usia produktif yakni 25 hingga 34 tahun yang mencapai 41,97 persen, kemudian disusul oleh kelompok umur 18 hingga 24 tahun mencapai 21,90 persen, umur 35 sampai 44 tahun mencapai 18,34 persen, umur 45 hingga 54 tahun 9,59 persen, umur 55 hingga 64 tahun mencapai 6,40 persen dan kelompok umur di atas 65 tahun mencapai 1,79 persen. 

2.Kalisari

Kelurahan Kalisari berada di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Area ini berdekatan dengan Cijantung disebelah utara, kemudian disebelah barat berbatasan dengan Sungai Ciliwung dan Pekayon di sebelah timur.

Harga rumah di sana sebesar 8,5 juta rupiah per meternya. Kalau dibandingkan dengan banderolan rumah dijual di Jakarta dikawasan lainnya seperti area Menteng dengan banderolan 52 juta rupiah per meternya, nilai tersebut tentunya jauh lebih murah.    

3.Pondok Gede 

Dikawasan Jakarta Timur lainnya masih ada lokasi yang menjual rumah bekas yang murah yakni di area Pondok Gede. Harga rumah disana Rp 11 juta per meter perseginya. Banderolan tersebut tentunya jauh lebih murah daripada nilai rumah dijual di Jakarta lainnya.

4.Marunda

Di Jakarta Utara juga ada lokasi yang menjual hunian murah, yakni Marunda. Tempatnya berbatasan dengan Laut Jawa dibagian utara, Cilincing disebelah barat, Kabupaten Bekasi dibagian timur dan Rorotan disebelah selatan. Luas area kawasan ini mencapai 413.8 hektar. Harga hunian disana berkisar 11,5 juta Rupiah per meter perseginya.  

5.Koja

Rumah dijual di Jakarta murah lainnya berada di Kelurahan Koja, luas area kawasan ini mencapai 3,27 kilo meter persegi dengan jumlah penduduk 9.606 kepala keluarga. Kelurahan ini bersebelaha langsung dengan teluk jakarta dan Terminal Peti Kemas. Harga rumah di sana dibanderol mulai dari Rp 12 juta per meternya.