Beberapa diantara kalian pasti banyak yang bingung ketika harus menentukan menggunakan ekstensi domain apa. Seperti yang kita tahu, bahwa nama website akan menentukan citra website, karena biasanya nama website akan menggambarkan isi website tersebut. Berdasarkan ranking Alexa, 8 dari 10 website teratas menggunakan domain murah dot com untuk pilihan ekstensi domainnya. Dari data tersebut, jelas mengatakan bahwa domain .com memiliki popularitas yang tinggi. Website-website yang terkenal memang banyak yang menggunakan ekstensi domain .com.

Hingga tahun 2016, tercatat sebanyak 329,3 juta Top Level Domain (TLD) yang terdaftar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 126,9 juta domain .com yang di daftarkan. Hampir 50% website yang ada di dunia ini menggunakan ekstensi domain .com. Banyak orang menggunakan ekstensi domain .com karena mudah diingat dan lebih populer. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bahwa hampir 50% website menggunakan ekstensi domain .com. Dan karena jumlah yang banyak inilah, ekstensi domain .com menjadi lebih mudah diingat oleh kebanyakan orang.

Mudah diingat dan populer merupakan dua keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan murah dot com sebagai ekstensi domain. Selain itu, ada satu manfaat penting yang harus kamu tau, yaitu ramah SEO. Website untuk keperluan apapun pasti butuh yang namanya SEO. Ekstensi domain .com akan membuat website kamu tampil lebih prima di mesin pencari. Hal ini lebih karena ekstensi domain .com memiliki cakupan internasional dan bersifat universal, oleh karena itu, website dengan ekstensi domain .com lebih mudah muncul di mesin pencari.

Kamu juga bisa dengan mudah mendaftarkan nama domain. Berbeda dengan domain yang dikhususkan di negara tertentu, kamu bisa mendapatkan domain murah dot com dimanapun tanpa persyaratan atau dokumen tertentu. Kamu hanya perlu menyelesaikan pembayaran, dan nama domain tersebut bisa menjadi milik kamu sepenuhnya. Sama seperti domain lainnya, .com juga memiliki kepanjangan khusus, yaitu Commercial. Maksud dari kepanjangan tersebut bisa untuk website yang digunakan untuk berbisnis.

Ekstensi domain .com dikelola oleh sebuah lembaga yang menyediakan domain internasional yang bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers atau disingkat ICANN. Sementara domain .id, domain yang khusus untuk wilayah Indonesia, dikelola oleh PANDI. PANDI sendiri merupakan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia yang diutus langsung oleh pemerintah.

Tadi dibilang bahwa domain murah dot com merupakan kepanjangan dari Commercial, lalu apakah kamu harus menggunakan .com untuk membuat website? Sebaiknya iya. Seperti yang kamu ketahui juga bahwa nama domain adalah sesuatu yang sangat unik. Jadi, jika sudah ada orang yang menggunakan, kamu tidak bisa mendaftarkan nama yang sama. Selagi nama tersebut belum ada yang menggunakan, sebaiknya kamu daftarkan sekarang juga. Kamu bisa membeli nama domain di DomaiNesia.

Baca Juga : Harga Hosting WordPress

DomaiNesia merupakan salah satu penyedia layanan domain dan hosting terbaik di Indonesia. Harga domain .com termurah, ya cuma di DomaiNesia. Tidak hanya itu, DomaiNesia juga memiliki banyak layanan lain yang akan memudahkan kamu membuat website. Seperti Instant Deploy DomaiNesia. Web apps ini memungkinkan kamu untuk membuat website dalam waktu yang singkat. Jadi, buat kamu yang tidak familiar dengan coding tetap bisa membuat website.

DomaiNesia juga menyediakan banyak aplikasi yang bisa kamu taruh di website, seperti WordPress, Drupal, PrestaShop, OpenCart, Laravel, Bootstrap, dan lain-lain. Informasi lebih jelas bisa kamu lihat di website DomaiNesia atau live chat langsung dengan Tim Support yang selalu siap sedia 24 jam. Tunggu apa lagi? Yuk, #LangsungBikinAja. (jow)