Jakarta – Daihatsu Gran Max PU (Pick Up) merupakan salah satu pilihan mobil komersial atau niaga ringan yang cukup diandalkan oleh masyarakat Indonesia. Mobil ini dibangun sebenarnya tersedia juga varian minibus untuk mobil penumpang serta jenis niaga lainnya. Dengan begitu, tak heran pikap ini cukup mampu diandalkan dari segi tenaga mesin dan daya angkutnya. Gran Max PU sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi terkait kualitasnya. Eksistensinya sejak 2007 silam mampu bersaing ketat dengan para kompetitornya di segmen yang sama. Sebut saja misalnya Suzuki Carry Pick Up, Mitsubishi Colt L300 Pick Up, Tata Super Ace, dan DFSK Super cab.

Mesin Daihatsu Gran Max PU

Daihatsu Gran Max PU tersedia dua pilihan mesin, yaitu kapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc, 16 katup dan 4 silinder berteknologi DOHC. Kedua mesin tersebut disandingkan dengan transmisi manual 5 percepatan dengan daya maksimum hingga 88 PS (1,3 liter) dan 97 PS pada 6.000 Rpm (1,5 liter). Selain itu, torsi maksimalnya sendiri bisa mencapai 114 Nm (1,3 liter) dan 134 Nm (1,5 liter) pada 4.400 Rpm. Demi performa yang mumpuni, Daihatsu Gran Max PU dilengkapi penyuplai bahan bakar fuel injection yang dinilai lebih efisien dan bertenaga besar.

Eksterior Daihatsu Gran Max PU

Secara eksterior Daihatsu Gran Max PU tidak beda dengan tipe mini bus-nya. perbedaan mencolok hanya pada bagian belakang yang di sini menggunakan bak. Di bagian depan tetap mengusung konsep semi bonnet. Desain grilnya juga tetap berwujud dua tingkat yang dibuat cukup kecil. Tampangnya jadi lebih tangguh berkat desain lampu utama yang besar dan melebar hingga ke samping. Ke bagian belakangnya, Daihatsu Gran Max PU ini mengusung dimensi bak yang cukup luas dengan 1 way deck. Selain itu ada juga pilihan flat deck 3 way. Flat deck sendiri adalah bak dengan bentuk flat atau datar sehingga bisa juga untuk dimodifikasi menjadi bak tertutup (box). Daihatsu sendiri membangun Gran Max PU dengan tipe sasis frame ladder. Sasis ini diklaim lebih kuat dan dapat diandalkan untuk mengangkut lebih banyak barang dibandingkan mobil lain di kelasnya.

Interior Daihatsu Gran Max PU

Selayaknya sebuah mobil pikap, Daihatsu Gran Max PU hanya memiliki kapasitas dua penumpang saja di kabin depan. Namun mobil ini dinilai memiliki posisi duduk yang lebih nyaman karena volume kabinnya lebih luas. Posisi transmisi pun berada di dekat setir sehingga lebih ergonomis dan fungsional. Untuk menunjang kenyamanan berkendara, Daihatsu Gran Max PU ini juga disematkan beragam fitur seperti perangkat entertainment 1DIN, panel instrumen analog informatif, dan sejumlah kompartemen untuk penyimpanan barang-barang yang mudah dijangkau.

Harga Daihatsu Gran Max PU

Menjelang tutup tahun 2019, Daihatsu Gran Max PU tersedia dalam 15 tipe. Mobil ini pun dibanderol mulai dari Rp138,9 juta hingga Rp165,6 juta (OTR Jakarta).