Jakarta – Daihatsu Luxio bisa dibilang merupakan saudara tua Gran Max MB. Mobil ini sendiri memang ditawarkan Daihatsu sebagai pemenuhan kebutuhan konsumen akan mobil MPV dengan kabin yang lapang. Jika dibandingkan dengan minibus Gran Max, Luxio memiliki fitur yang lebih baik. Apalagi Daihatsu Luxio memang dikhususkan sebagai mobil penumpang keluarga. Tidak seperti Gran Max yang juga kerap dipilih sebagai alternatif mobil komersial atau niaga ringan. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak profil Daihatsu Luxio berikut ini.

Eksterior Daihatsu Luxio

Desain luaran Daihatsu Luxio memang tidak ada yang cukup spesial karena lebih menitikberatkan pada fungsi. Seperti misalnya pada bumper depan, Luxio dibekali gril krom yang dinilai semakin stylish di setiap facelift-nya. Di bagian samping terdapat pintu belakang geser sehingga mampu memberikan akses keluar masuk yang luas dan nyaman. Selain itu, penggunaan material krom membuatnya jadi lebih mewah terutama di bagian spion elektriknya dan side molding body. Menuju bagian buritan, Daihatsu Luxio jadi lebih modern dan stylish berkat penggunaan kombinasi lampu belakang yang sangat jernih. Masih di bagian belakang, Luxio pun telah dilengkapi sensor parkir belakang sehingga memudahkan pengendara saat parkir mundur.

Interior Daihatsu Luxio

Dibandingkan versi pre facelift, Daihatsu Luxio kini mengalami beberapa penambahan fitur sehingga memberikan nuansa berbeda. Penambahan fitur ini pun membuat beberapa bagian jadi terasa semakin luas, praktis dan tentunya modern serta elegan.

Sebut saja misalnya pada bagian dasbor dan setir Daihatsu Luxio ini. Saat kita masuk, suasana terbaik muncul berkat pengaplikasian 2 tone colour (dark dan light grey). Demi menunjang sisi hiburan selama berkendara, Daihatsu Luxio disematkan 2 DIN touch screen head unit yang memiliki fungsi audio lebih baik. Setirnya sendiri menggunakan tipe 3 spoke dan sudah mengadopsi teknologi electric power steering yang lebih ergonomis. Masih pada dasbor, bagian atasnya terpasang Upper Tray with Cover untuk menaruh minuman dengan aman dan tampak lebih rapi.

Kesemua penumpang di dalam kabin Daihatsu Luxio akan dimanjakan dengan jok berbahan fabric. Kemewahan dan elegan coba ditimbulkan dengan pemilihan warna gelap dengan pola yang eksklusif. Selain itu, dengan adanya cup holder pada armrest jok baris kedua semakin menambah tingkat kenyamanan penumpang. Untuk jok baris kedua ini pun telah disematkan fitur 1 Touch Rumble. Fitur ini akan sangat memudahkan penumpang untuk melipat kursi dengan hanya satu sentuhan. Selayaknya mobil penumpang banyak, bagasi pun jadi perhitungan. Namun ruang bagasi Daihatsu Luxio tidak banyak keistimewaan. Hanya saja memang luas, apalagi kalau jok baris belakan dilipat rata. Hmmm.. banyak barang akan bisa dibawa di bagasi Daihatsu Luxio ini.

Mesin Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio dibekali mesin 2SZ-VE 1.495 cc DOHC VVT-i berpendingin air, 4 silinder segaris. Berkat mesin ini, Luxio mampu menyemburkan tenaga sebesar 97 PS pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 134 Nm pada 4.400 Rpm. Kapasitas tangki bahan bakarnya sendiri mencapai 43 liter dan semakin terasa efisien konsumsinya berkat fitur Electronic Fuel Injection.

Harga Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio ditawarkan dalam 4 varian. Harganya sendiri dibanderol mulai dari Rp200,3 juta hingga Rp234 juta (OTR Jakarta) untuk varian tertingginya.