Hati-hati! Ini 9 Makanan dan Minuman Pemicu Naiknya Asam Lambung


Saat kambuh, refluks asam lambung menimbulkan sensasi yang tidak nyaman. Beragam gejala kerap dirasakan, mulai dari kesulitan menelan sampai munculnya sensasi terbakar di dada (heartburn) dan mual.

Ada beberapa pemicu kambuhnya penyakit itu, salah satunya makanan, meski kebenarannya masih diperdebatkan. Namun, memang ada bukti yang menyatakan jika beberapa makanan bisa menyebabkan gejala ini bertambah parah.

Maka menjaga pola makan jadi hal yang perlu diperhatikan oleh penderita penyakit ini. Makanan yang mengandung banyak gas dan beralkohol jadi dua di antara banyak makanan yang patut dijauhi. Selain itu, apa lagi?

Kelompok Makanan

  1. Makanan pedas

Penggemar makanan pedas sebaiknya harus lebih berhati-hati. Sebab, makanan ini dapat memicu terjadinya heartburn. Ada dua alasan kenapa makanan ini harus dihindari.

Pertama, makanan pedas dapat mengiritasi kerongkongan atau esofagus yang sebelumnya sudah mengalami peradangan, akibatnya, dapat memperparah gejala refluks asam lambung yang diderita.

Kedua, ada senyawa bernama capsaicin yang terkandung dalam kebanyakan makanan pedas. Senyawa ini bisa memperlambat laju pencernaan sehingga membuat makanan bertahan lebih lama di perut. Dampaknya bisa meningkatkan risiko mulas bagi penikmatnya.

  1. Makanan tinggi lemak

Sama seperti makanan pedas, makanan yang tinggi lemak juga bertahan lebih lama di perut agar bisa tercerna lebih baik. Sayangnya, bukan hanya itu yang jadi alasan kenapa ini harus dihindari.

Dikutip dari Healthline, makanan ini bisa mengendurkan otot sfingter esofagus bagian bawah yang bertugas sebagai penghalang antara esofagus dan perut. Saat otot ini lebih kendur, itu menjadi celah bagi asam lambung untuk keluar dari lambung menuju kerongkongan. Hasilnya, heartburn tak terhindari.

Selain itu, saat kita mengonsumsi makanan tinggi lemak, terjadi pelepasan hormon kolesistokinin (CKK) yang membuat otot sfingter esofagus juga mengendur dan asam lambung bisa naik ke kerongkongan.

  1. Jus jeruk

Sebuah penelitian yang diterbitkan di PubMed menyebutkan 73%  dari 400 orang dengan refluks asam lambung mengalami heartburn setelah meminum jus jeruk dan jus anggur. Banyaknya jumlah asam yang terkandung dalam jus jeruk disinyalir jadi pemicu kambuhnya gejala penyakit ini.

Tapi, hal yang perlu digarisbawahi adalah belum ada penelitian lebih lanjut yang menjelaskan kenapa jus jeruk bisa menyebabkan asam lambung naik.

  1. Cokelat

Makanan kegemaran banyak orang ini ternyata bisa memicu naiknya asam lambung. Pasalnya, cokelat terbuat dari cocoa yang mengandung serotonin alias hormon bahagia. Seperti namanya, hormon bahagia membuat tubuh lebih relaks, tak terkecuali otot sfingter esofagus bagian bawah sehingga memicu naiknya asam lambung ke kekerongkongan.

  1. Bawang

Bawang merah, putih, maupun bawang bombay merupakan pemicu penyakit ini yang paling umum. Alasannya sama, setelah mengonsumsi bawang, apalagi yang mentah, tubuh dan otot sfingter esofagus bagian bawah menjadi lebih relaks.

Kelompok Minuman

  1. Alkohol

Minuman beralkohol terutama wine dan bir dapat meningkatkan produksi asam lambung. Selain itu, terus-menerus minum alkohol bisa membuat lapisan dinding esofagus terluka. Seiring waktu, itu bisa membuat esofagus jadi lebih sensitif terhadap asam lambung.

  1. Susu

Ada banyak yang bilang kalau minum susu dapat mengobati heartburn. Faktanya, itu justru menjadi penyebab naiknya asam lambung. Penelitian dari PubMed menjabarkan, 38% dari 400 orang dengan refluks asam lambung merasakan gejala penyakit ini setelah minum susu. Penelitian itu sendiri ingin mencari tahu, apakah kandungan lemak pada susu yang menjadi penyebab naiknya asam lambung.

  1. Kopi

Pada beberapa orang, kopi termasuk dalam daftar minuman yang harus dihindari bila tak mau mengalami kenaikan heatburn. Namun, hal ini sejatinya masih perlu dikaji lebih lanjut. Pasalnya terdapat temuan yang berbeda tentang apakah kopi bisa memicu naiknya asam lambung.

Tapi, bila kamu merasa perut mulas setelah minum kopi, sebaiknya minuman ini harus dihindari.

  1. Soda

Hasil observasi para ahli menemukan, 25% dari 15.000 orang mengalami kambuhnya asam lambung di malam hari. Setelah diinvestigasi lebih lanjut, kondisi itu terjadi karena beberapa faktor, salah satunya minum soda.

Setelah membatasi diri dari daftar makanan dan minuman di atas, para pemilik penyakit ini ada baiknya berjaga. Selalu siap sedia obat penetral asam lambung, seperti promag, yang bisa dikonsumsi kapanpun penyakit itu kambuh.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak