7 Tips Aman Merawat Mobil Ketika Musim Hujan


Sudah masuk bulan Oktober, tandanya hujan biasanya mulai mengguyur wilayah – wilayah di Indonesia. Buat para pengguna mobil, mereka harus melakukan perawatan ekstra agar kondisi komponen mobil selalu terjaga baik kondisinya.  Perlu diingat, mobil yang terlalu sering terkena genangan air dapat berakibat kerusakan sparepart sehingga performanya dapat terganggu.

Maka dari itu, tidak ada salahnya mengetahui tips otomotif terbaru khususnya soal cara merawat mobil di musim hujan. Yuk, simak tips otomotif 7 cara merawat mobil di musim hujan ini agar kondisi mobil dapat terjaga dalam keadaan yang terbaik.

Keringkan mobil

Tips otomotif pertama dalam cara merawat mobil di musim hujan adalah dengan mengeringkan mobil setelah digunakan. Hal tersebut karena air hujan yang mengering di bagian eksterior mobil akan dapat berisiko merusak lapisan cat. Sebaiknya setelah terguyur hujan, segera keringkan mobil dengan lap kering sampai tidak ada air yang menempel.

Pastikan kondisi ban

Selanjutnya, pastikan untuk selalu mengecek kondisi tekanan angin ban mobil. Tak hanya tekanan angina, periksa juga tapak dan alur ban agar yakin bahwa kondisinya masih layak. Tentunya kondisi ban yang tidak optimal akan berbahaya apalagi bila mobil digunakan untuk menerjang hujan. Sebab dalam kondisi hujan, kemampuan ban mobil dalam mencengkram menjadi berbeda dibandingkan dengan saat kondisi kering. Selain itu, alur atau pola tapak ban ini juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan ban menjaga stabilitas kendaraan.

Periksa kondisi rem

Yang juga sangatlah penting dijaga keoptimalannya saat musim hujan adalah komponen pengereman. Komponen rem mobil bekerja lebih keras saat jalanan licin, sehingga apabila tidak dalam kondisi baik tentunya akan membahayakan. Cara merawatnya bisa dimulai dari mengecek oli rem mobil, kebersihan dari komponen remnya hingga kondisi brake pad.

Bersihkan kaca depan

Visibilitas selama berkendara saat melibas hujan sangatlah penting. Maka dari itu, perlu untuk memastikan semua sisi kaca terutama kaca depan memberikan kondisi penglihatan yang sempurna. Sebelum menggunakan mobil, sebaiknya selalu bersihkan terlebih dahulu kaca dari kotoran yang melekat erat sehingga dapat memudahkan kerja wiper nanti. Di samping itu, periksa juga kondisi lampu utama dan foglamp sebab pencahayaan pun turut berkontribusi dalam meningkatkan visibilitas.

Periksa wiper & cairan pembersih kaca

Setelah visibilitas terjaga kebersihannya, wajib pula mengecek wiper dan washer, dengan cara memastikan kondisi karet wiper baik dan penampungan air washer selalu terisi. Komponen ini sangat penting saat menghadapi musim hujan.

Bersihkan karpet mobil

Cara merawat mobil saat musim hujan selanjutnya adalah menjaga kebersihan kabin salah satunya bagian karpet. Jamur bisa muncul ketika sepatu kotor dan basah ditambah lagi jika kondisi mobil lembab. Antisipasi hal demikian denganĀ  menyediakan menyediakan karpet pelapis pada lantai mobil sehingga tidak lembab dan kotor.

AC dan defogger berfungsi

Komponen ini juga memiliki peran penting saat musim hujan. Periksa AC dan defogger baik pada kaca depan maupun belakang karena ini berfungsi menjaga suhu lebih dingin dari luar kendaraan agar tidak terjadi efek pengembunan pada kaca. Apabila kondisi AC dan defogger tidak optimal, maka akan menyebabkan visibilitas jadi berkurang saat menerjang hujan.

Lakukan servis berkala

Ini dia salah satu tips otomotif paling penting dalam merawat mobil saat sudah memasuki musim hujan. Untuk selalu menjaga kondisi optimal mobil, rajinlah melakukan servis berkala, misalnya dengan melakukan penggantian oli. Mobil pada dasarnya sudah didesain untuk kedap air dan cover mesinnya terlindungi oleh sealant. Namun, apabila terlalu sering tergenang atau digunakan saat melibas banjir, penting untuk melakukan penggantian oli mobil karena bisa saja terdapat komponen yang rembes lalu masuk ke dalam mesin. Kondisi tersebut akan sangat membahayakan kondisi mobil, dan untuk menghindarinya adalah dengan mengecek kondisi mobil dan melakukan servis berkala.

Sekian tips otomotif untuk berkendara lebih nyaman saat musim hujan seperti saat ini. Nantikan tips otomotif terbaru lainnya ya! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
71
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak