Mungkin judul kasus di atas adalah yang paling harus diwaspadai oleh semua orang yang ada di dunia karena inilah kasus tersembunyi tetapi sangat menakutkan yang harus dihadapi dunia sekarang ini. Global warming adalah salah satu fenomena alam dan ditandai dengan meningkatnya suhu rata-rata atmosfer di bumi dikarenakan efek gas rumah kaca. Peningkatan global warming ini akan berdampak besar pada bumi diantaranya, yaitu meningkatnya suhu bumi, naiknya air di permukaan laut serta punahnya berbagai hewan di bumi.

Nah sekarang bagaimana cara mengatasi global warming agar tidak berkelanjutan dan membuat semakin parah. Banyak sekali cara yang kita bisa lakukan untuk mengurangi efek dari global warming agar tidak semakin parah dan membuat bumi kita ini menjadi hancur secara perlahan-lahan.

1. Menanam pohon

Ini mungkin adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan oleh kita tetapi sangat berat untuk dilaksanakan. Ini dikarenakan kita sangat malas untuk bergerak dan menggunakan raga kita hanya untuk sekedar menanam pohon. Tetapi inilah mungkin salah satu cara yang paling ampuh untuk mengurangi dampak global warming. Karena pohon terbukti dapat menghisap kuat gas karbon dioksida dan apalagi jika kita menanam pohon rumpun bambu akan menghisap karbon dioksida 4 kali lebih kuat dari pohon biasa.

2. Kurangi penggunaan kertas

Ingat kuat-kuat pemikiran di atas di pikiran kita, karena inilah salah satu penyebab yang besar yang mempengaruhi global warming karena dengan kita memakai satu lembar kertas berarti kita telah menebang satu buah pohon. Mulailah sekarang untuk mengurangi penggunaan kertas misalnya gunakan kertas se-efisien mungkin dan print-lah kertas jika bisa kertas tersebut digunakan secara bolak-balik.

3. Sering-seringlah naik sepeda

Sepeda adalah angkutan yang paling aman dan sangat nyaman serta sangat mudah untuk digunakan. Dan cara ini bisa kita gunakan untuk mengurangi emisi polusi yang sudah banyak ‘berterbangan’ di bumi. Jikalau bisa kurangilah penggunaan sepeda motor ataupun mobil untuk bekerja dan mulailah sedikit-sedikit menggunakan sepeda dan cara ini pun juga akan mengurangi kemacetan.

4. Kurangi penggunaan plastik

Di Amerika Serikat, penggunaan plastik sudah dilarang oleh pemerintah setempat karena ini menjadi salah satu penyebab global warming yang paling mempengaruhi. Karena plastik jika ingin diuraikan di dalam tanah butuh 1000 tahun dan ini merupakan waktu yang sangat lama untuk kita. Karena inilah kita mulai dari sekarang kurangi penggunaan plastik, jika bisa mungkin anda harus memakai kantong plastik yang mungkin bisa dipakai untuk waktu yang lama misalnya kain serat alami atau kantung plastik yang belum kotor.

5. Hemat penggunaan listrik

Saat ini listrik sudah semakin mahal. Ini mungkin juga salah satu siasat pemerintah untuk mengurangi dampak global warming (mungkin). Jika kita lagi bepergian matikanlah listrik yang tidak perlu, atau hematlah sehemat-hemat mungkin untuk menggunakan listrik. Lalu juga jangan sering membuka kulkas terlalu sering karena ruangan di dalam kulkas banyak mengandung freon yang dapat merusak lapisan ozon di bumi.Jadi inilah mungkin cara mengatasi mungkin tepatnya mengurangi gejala dari global warming. Sebenarnya masih banyak cara-cara yang mungkin kita bisa lakukan untuk mengurangi hal tersebut. Mudah-mudahan kita bisa mulai dari sekarang untuk melakukan hal tersebut, karena semakin lama lapisan ozon bumi kita akan semakin berkurang dan ini akan menjadi kehidupan kita di bumi menjadi panik dan terganggu. Karena kalau kita tidak mulai dari sekarang, mau kapan lagi? (rei)