Inilah 8 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Liburan

Inilah 8 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Liburan

Penat dengan pekerjaan atau kegiatan rutinitas harian, salah satu obat yang mujarab adalah berwisata ke suatu tempat.

Berwisata ke suatu tempat atau yang biasa lebih dikenal dengan kata Travelling ini memang sedikit “menyeramkan untuk isi kantong”. Banyak yang pusing memikirkan dana yang harus dipersiapkan untuk memenuhi hasrat wisata anda ini.

Gak perlu risau,karena berwisata itu gak harus Mahal !.

Untuk memenuhi hasrat berlibur dan jalan-jalan ke suatu tempat namun tetap hemat,ini dia tips nya :

1. Buat Perencanaan Awal

Rencana awal adalah faktor terpenting. Mulai dari tanggal keberangkatan, saat anda di lokasi wisata,dan sampai liburan anda berakhir.

Rencanakan seluruh perjalanan anda. Menggunakan jasa transportasi yang bagaimanakah untuk menuju lokasi wisata,apa-apa saja yang akan anda lakukan di lokasi wisata,apa-apa saja yang ingin anda beli di perjalanan wisata anda,dan lain-lain.

Dengan adanya perencanaan di awal,anda akan memiliki list-to-do,sehingga keuangan anda lebih mudah diatur selama anda berwisata.

2. Tentukan Tanggalnya

Kapan harus untuk berlibur dan pergi ke suatu tempat,adalah awal perencanaan yang harus dilakukan. Mengapa? Dengan merencanakan tanggal keberangkatan,ada bisa mengatur jadwal cuti kantor anda atau jadwal liburan sekolah anda sehingga rencana anda untuk jalan-jalan tidak mepet. Anda juga bisa mengukur keuangan anda dan menyimpan sedikit uang untuk bekal berlibur anda nantinya. Anda juga mempunyai waktu untuk mengecek harga trasportasi,baik darat,laut maupun udara.

3. Tentukan Jumlah Orang Yang Akan Pergi Berlibur

Yap. Ini adalah faktor yang sangat penting.Dengan mengetahui jumlah orang yang akan berlibur bersama anda,anda akan lebih bijak dalam memilih fasilitas liburan anda nanti,seperti transportasi,kamar hotel,dan lainnya.

4. Tentukan Alat Transportasi Anda Dengan Bijak

Alat transportasi merupakan faktor penting untuk mensiasati pengeluaran anda untuk liburan anda. Jika tempat yang ingin anda tuju masih belum tergolong jauh dan anda memiliki fasilitas mobil pribadi,usahakan gunakan mobil pribadi. Karena anda tidak membutuhkan biaya jasa antar anda kepada penyedia jasa transportasi untuk menuju tempat yang anda tuju.

Jika anda menginginkan jasa transportasi baik darat,laut,maupun udara untuk menuju lokasi wisata anda, silahkan pilih penyedia jasa transportasi yang menawarkan harga paling murah dengan kualitas bagus dan nyaman untuk perjalanan anda. Usahakan untuk tidak membeli dalam keadaan sudah mendekati hari keberangkatan anda.

5. Minimalisirkan Barang Bawaan Anda

Barang bawaan yang terlalu banyak akan menambah pengeluaran anda selama liburan. Sebagai contoh,jika anda memilih transportasi udara,anda akan dikenakan biaya tambahan jika anda membawa barang bawaan terlalu banyak. Belum lagi nanti,sampai tempat tujuan, anda akan repot untuk menenteng atau menyimpan barang bawaan anda. Bawa barang anda seperlunya saja.

6. Pilih Tempat Penginapan Anda Secara Bijak

Tempat penginapan tersedia dalam banyak pilihan,baik yang mewah maupun yang biasa-biasa saja. Sesuaikan keuangan anda dalam memilih tempat penginapan. Jika anda memang memiliki sedikit dana untuk liburan anda,coba pastikan apakah ada teman atau sanak anda di tempat tujuan wisata anda. Jika ada,menginaplah di tempat mereka untuk meminimalisir pengeluaran anda selama berwisata.

Jika memang anda ingin menginap di Hotel,carilah referensi dalam mereservasi hotel. Temukan cara untuk mendapatkan harga hotel dengan harga yang lebih murah. Contoh,anda bisa mereservasi melalu jasa internet yang menawarkan harga lebih murah.

Untuk kelas hotel, semua tergantung keinginan anda

7. Pastikan Anda Tetap Dalam Rencana Awal Anda

Seperti telah dikatakan sebelumnya. Rencana awal anda berlibur adalah sangat penting. Apa yang anda ingin nikmati dalam liburan anda,apa yang anda butuhkan,dan apa yang akan anda bawa pulang. Usahakan tetap dalam rencana awal. Karena, jika anda terlalu banyak melakukan sesuatu diluar rencana awal,anda akan mengeluarkan uang anda lebih banyak untuk hal tak terduga. Hindari terlalu banyak membeli barang yang sebelumnya tidak ada dalam list belanja anda.

8. Pastikan Anda Tetap Sehat Selama Liburan Anda

Menjaga kesehatan selama liburan anda memang sangatlah penting. Hindari aktivitas yang membuat anda terlalu letih. Jika saat anda liburan,anda jatuh sakit, makan biaya tak terduga pun harus anda gelontorkan untuk pengobatan anda.

Jika anda memiliki suatu penyakit. Konsutasi kepada dokter sebelum keberangkatan anda. Sehingga anda dapat menyiapkan obat-obatan yang anda butuhkan sebelum berwisata. Anda tak harus repot-repot lagi untuk mencari obat. Dan ang terpenting,biaya pengobatan di lokasi wisata anda dengan lokasi tempat tinggal anda sekarang belum tentu sama

Ini lah tips untuk dapat berwisata hemat. Pastika liburan anda menyenangkan. Berwisata ke suatu tempat dapat emnghilangkan kejenuhan atas rutinitas sehari-hari. Selamat mencoba.(jow)

Randika Gundra Pratama. Mahasiswa di sebuah Universitas negeri Di Wilayah Sumatera Utara. Saya pecinta karya sastra,terkhusus puisi. Akun Twitter : @Guncor

Apa Komentarmu?

NO COMMENTS

Leave a Reply