8 Alasan Malas Kuliah

8 Alasan Malas Kuliah

Kuliah,kuliah,dan kuliah. Kuliah adalah rutinitas Mahasiswa. Ada mahasiswa yang senang dan semangat untuk kuliah. Ada mahasiswa yang malas-malasan dan jarang kuliah. Kenapa? Tanda tanya besar pada diri mahasiswa yang merasakan perasaan malas kuliah ini.

Apa faktor yang membuat Sebagian mahasiswa malas kuliah? Ini adalah beberapa faktor penyebab malas kuliah :

1. Salah Jurusan

Ini merupakan faktor terbesar penyebab malas kuliah. Banyak mahasiswa yang salah jurusan dengan berbagai alasan,seperti paksaan dari orang tua untuk masuk jurusan tertentu atau karena ikut-ikutan teman serta dengan berbagai alasan lainnya.

Ketika mahasiswa yang salah jurusan ini merasakan perasaan tidak nyaman terhadap apa yang sedang ia jalani, tidak sesuai dengan bakat yang mereka miliki, dan tidak sesuai dengan minat yang mereka inginkan,mulailah perasaan malas untuk kuliah itu terasa didalam benak mereka. Sebaiknya,pilihlah jurusan sesuai minat dan bakat anda!

2. Tidak Sehati Dengan Lingkungan

Lingkungan kuliah menjadi faktor penting dalam merasakan kenyamanan kuliah. Terkadang,terdapat beberapa mahasiswa yang merasakan kecocokan dan kenyamanan dengan Lingkungan temat mereka kuliah. Sehingga membuat perasaan malas timbul dan berdampak pada jarangnya mengikuti perkuliahan. Keadaan Lingkungan menjadi faktor penting. Maka,sebelum memilih tempat anda ingin belajar atau kuliah,perhatikan juga lingkungan sekitar tempat tujuan belajar anda!

3. Tidak Memiliki Teman Yang Tepat

Bagaimanapun,teman adalah faktor penyemangat kuliah. Dalam perkuliahan,dibutuhkan teamwork yang solid. Salah satu kuncinya yaitu memiliki teman yang solid dan menjalani aktivitas kuliah tersebut. Saat mahasiswa tidak menemukan teman yang tepat,maka mahasiswa mulai merasakan jenuh terhadap kegiatan yang dilakukan di kampus. Mulailah timbul perasaan malas untuk kuliah.

4. Memiliki Masalah Dengan Nilai Yang Sering Mengecewakan

Sering mahasiswa merasakan usaha keras mereka selama menjalani aktivitas kuliah tidak berbuah manis. Nilai yang didapatkan mengecewakan.Sehingga,saat usaha mahasiswa sering berbuah nilai yang mengecewakan,mulailah timbul perasaan putus asa dan jengkel dengan hasil yang tidak setara dengan usaha.

Sebenarnya,tidak ada kata putus asa dalam belajar. Tapi,secara tidak langsung,nilai yang sering mengecewakan dapat mempengaruhi psikis mahasiswa. Seperti putus asa,depresi,dll sebagai efek dari nilai yang mengecewakan tersebut.

5. Adanya Masalah Keluarga

Saat menjalani aktivitas kuliah,mahasiswa sering nge-drop. Sehingga butuh masukan dan motivasi dari orang terdekat dan tersayang,yaitu orang tua. Saat orang tua yang diharapkan mendatangkan motivasi bagi sang mahasiswa sering bertengkar dan tidak sepaham,maka konsentrasi mahasiswa terhadap perkuliahan mereka mulai buyar. Masalah keluarga dapat berpengaruh besar terhadap semangat untuk menjalani perkuliahan bagi mahasiswa. Ingat, in adalah tanggung jawab anda sebagai orang tua!

6. Sering Begadang

Begadang sangat besar efeknya terhadap daya tahan tubuh manusia. Sehingga,jika mahasiswa terlalu sering begadang akan menimbulkan rasa letih dan tidak semangat. Cepat marah dan tidak dapat konsentrasi terhadap apa yang sedang jalani. Rasa kantuk yang luar biasa juga membuat mahasiswa bermalas-malasan.

Maka,aturlah waktu anda dengan lebih bijak.Sehingga,anda dapat memaksimalkan waktu istirahat anda.

7. Sering Jatuh Sakit

Memang kita tak tahu pasti kapan datangnya sakit. Saat sakit menjelma anda,maka aktivitas kuliah pun terganggu. Membutuhkan waktu istirahat bahkan sampai berhari-hari sehingga anda ketinggalan materi yang banyak. Ketinggalan materi kuliah membuat semangat kuliah menurun karena pikiran anda akan terbebani akan bagaimana mengejar materi kuliah anda yang ketinggalan. Terlebih,anda sebagai mahasiswa terlalu sering sakit-sakitan. Maka,jagalah kesehatan dan pola makan anda selama anda menjalani perkuliahan!

8. Masalah Remaja

Pelbagai masalah datang menghampiri remaja yang sedang dalam masa pendewasaan. Seperti masalah hubungan cinta, masalah hati yang tersakiti,dan lain sebagainya.

Tidak bisa dipungkiri. Masalah-masalah yang sering dialami oleh remaja ini,dapat mempengaruhi stabilitas perkuliahan mereka yang sednag menjalaninya. Ada mahasiswa yang menanggapinya sebagai tahap pendewasaan diri,namun ada juga mahasiswa yang hancur akibat masalah-masalah remaja yang sedang mereka hadapi. Sehingga,dapat mempengaruhi aktivitas perkuliahan. Bijaklah dalam menyelesaikan masalah anda!. (jow)

Apa Komentarmu?

Randika Gundra Pratama. Mahasiswa di sebuah Universitas negeri Di Wilayah Sumatera Utara. Saya pecinta karya sastra,terkhusus puisi. Akun Twitter : @Guncor