6 Cara Hidup Bahagia

169

Di tengah dunia seperti sekarang, pasti dong sering banget kita merasa kalau hidup ini sulit? Namun benarkah seperti itu?

Ya memang benar, tidak dapat dipungkiri bahwa hidup itu sulit, namun hal ini tidak boleh kita jadikan alasan yang membuat kita menyerah. Sebenarnya saya dapat mengatakan kalau hidup anda akan terasa lebih ringan. Caranya??? Yuk kita simak tips agar hidup anda terasa bahagia:

1. Senyuman

Senyuman dapat meringankan semua penderitaan dan stress yang anda alami. Selain itu, apabila anda menghadapi semua hal dengan seyuman, orang-orang di sekitar anda pun akan merasakan aroma ‘positif’ dari anda. Oleh karena itu, begitu membuka mata dari tidur lelap anda, tersenyumlah. Begitu anda menghadapi bos, rekan kerja, keluarga yang menyebalkan, tarik napas dalam-dalam dan tersenyumlah. Bahkan ketika anda menangis pun, carilah kaca dan lihatlah betapa buruknya wajah anda ketika menangis dan tersenyumlah. Sudahkah anda tersenyum hari ini?

2. Melihat ke bawah

Saat merasa terpuruk, secara normal anda akan berpusat pada diri anda. Pertanyaan seperti ‘mengapa hal ini terjadi padaku?’, ‘kayanya orang lain tidak mengalami hal sepertiku’ akan selalu menghampiri benak anda. Pada saat seperti itulah anda harus berkaca pada orang-orang disekitar anda. Putus cinta?Orang lain pun pernah mengalaminya, bahkan dikhianati pasangannya. Dipecat?Orang lain bahkan dipecat secara tidak hormat. Ditinggalkan orang terkasih? Tanyalah pada setiap orang yang anda kenal, apakah ada di antara mereka yang belum pernah merasa kehilangan? Semua orang pasti pernah mengalami apa yang anda alami, bahkan ada yang lebih buruk dari anda. So, untuk apa anda meratapi diri dalam keterpurukan anda?

3. Bersyukur

Menyambung dari poin di atas, apapun yang anda alami, anda harus BERSYUKUR. Bersyukur karena anda tidak mengalami hal yang lebih parah, dan bersyukur karena anda masih diberikan kesempatan untuk ‘hidup’. Orang yang tidak punya masalah dalam hidupnya adalah orang yang sudah berhenti bernapas alias meninggal. Masalah adalah tanda bahwa anda masih hidup di dunia ini.

4. Berperilaku positif

Banyak orang berkata bahwa seseorang harus ‘positive thinking’, namun sebenarnya positive thinking tidak akan berguna bila tidak ada ‘tindakan positif’. Oleh karena itu janganlah berhenti pada pikiran positif, tapi berlanjutlah dengan perilaku positif. Berpikir positif tidak mengubah apapun, tindakan positif membawa anda pada pemecahan masalah.

5. Orang terkasih

Banyak orang berkata pada saat senang atau sedih akan ada oang terkasih di samping anda. Namun terkadang saat sedih kita hanya mencari teman untuk membagi duka kita saja.Sebenarnya alangkah lebih baik jika anda mencari teman anda untuk ‘mendengarkan’ bukan untuk ‘bercerita’ saja. Dengan mendengarkan kabar dari orang terdekat, anda dapat merasakan kebahagiaan dari cerita senang orang terkasih atau merasa bersyukur karena masalah anda tidak lebih berat dari orang terkasih anda. Bagaimana jika masalah orang terkasih lebih ringan? Berbahagialah karena dia siap mendoakan anda. Dan jangan lupa peluklah orang tersayang anda dan katakan bahwa anda mengasihinya. Hal itu dapat meringankan semua beban stress anda.

6. Harapan

Hal terakhir yang akan membuat anda terlepas dari sulitnya kehidupan adalah dengan menyimpan harapan dalam benak anda. Siapa yang akan anda cari jika rumah anda mati lampu? Sang lilin lah yang akan menerangi rumah anda. Demikian pula dengan harapan, sekecil apapun harapan, itu akan membawa anda pada terang.

Dengan 6 langkah saja hidup anda akan terasa lebih ringan dan orang di sekitar anda akan terserang virus ‘bahagia’.. take care, be your self and smile..:D (iky)