Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Menikah

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Menikah

Menikah merupakan hal yang semua orang impikan, apalagi sampai mempunyai keturunan yang sesuai dengan yang diharapkan,  tapi perlu diingat bahwa menikah tidaklah mudah seperti membalikkan telapan tangan, didalam kekeluargaan tanggung jawab seorang suami dan istri sangatlah berat maka dari itu saya mau berbagi tips hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum menikah.

1. Cinta

Apabila anda membangun rumah tangga dengan cinta itu akan harmonis, karena tidak mungkin seorang suami atau istri mau bercerai kalau mereka sudah saling cinta, juga dalam gairah seks pasangan yang saling mencintai gairah seksualnya lebih tinggi dari pada pasangan yang hanya dijodohkan.

Tujuan membangun rumah Tangga adalah sakinah, mawaddah warahmah. Sakiinah artinya tenang, tentram. Mawaddah artinya cinta, harapan. Rahmah artinya kasih sayang dan satu kata sambung wa yang artinya dan.

Tiga kata utama tersebut sejatinya merupakan istilah khas Arab-Islam yang dirujuk dari QS. Ar-Rum ayat 21.“Di antara tanda-tanda (kemahaan-Nya) adalah Dia telah menciptakan dari jenismu (manusia) pasangan-pasangan agar kamu memperoleh sakiinah disisinya, dan dijadikannya di antara kamu mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya dalam hal yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum:21)

2. Bibit, Bebet, Bobot

Istilah bibit, bebet dan bobot dalam bahasa Jawa menyatakan bahwa apabila seseorang ingin menikah maka dari pasangannya ia harus melihat dulu bibit, bebet dan bobotnya.

Secara maknawi, arti bibit yaitu rupa (harafiah: asal-usul dan keturunan). Arti bebet adalah keluarga, lingkungan, siapa teman-temannya. Arti bobot adalah nilai pribadi/diri yang bersangkutan, termasuk kepribadian, pendidikan dan kepintarannya, pekerjaan juga nilai pribadi seperti gaya hidup dan iman.

3. Persiapan mental

Apakah anda siap menikah..? berapa jauh kesiapan mental anda untuk menjadi seorang bapak atau ibu rumah tangga..? kalau anda sudah bisa menjawab 2 pertanyaan itu dengan baik, berarti anda sungguh siap membangun rumah tangga.
perlu diingat.. Selain 2 tips diatas mental merupakan hal yang paling penting karna dengan mental yang matang akan membawa ke hubungan keluarga yang matang juga, persiapan mental mencakup segala hal di antaranya mental untuk siap menjadi bapak atau ibu rumah tangga, mental siap untuk mengemban amanah ataupun tanggung jawab untuk mencari nafkah keluarga. semoga apa yang saya tuliskan diatas bermanfaat uat para pembaca.(*berbagai sumber/rei)

Apa Komentarmu?

NO COMMENTS

Leave a Reply