7 Nama Terunik di Indonesia

952

Bismillah…

Jika orang lain berteman dengan seseorang melihat dari sifatnya, fisiknya, kekayaannya atau kecerdasannya, namun tidak dengan saya. Saya cenderung melihat nama mereka. Ya, saya sangat menyukai nama-nama. Di otak saya selalu bertaburan nama-nama. Karena sesungguhnya nama adalah hiasan terindah yang diberikan orangtua kita sebagai modal awal kita berkenalan dengan orang lain.

Tulisan ini tidak bermaksud untuk menjelekkan nama seseorang apalagi menghina. Tulisan ini semata-mata ingin menunjukkan bahwa ada begitu banyak nama-nama unik di indonesia ini. Ya siapa tahu ada yang berminat menjadikan salah satu dari 7 nama terunik ini menjadi nama dari putra/putrinya nanti.

Nama-nama unik yang saya pilih, dipilih berdasarkan kelangkaan, orisinilitas, kelucuan, makna mendalam yang dimiliki dan keindahannya. Berikut adalah 7 nama terunik di Indonesia versi Harry Gunawan :

1. Help Me Toruga

Pertama kali mendengar nama ini adalah saat acara Master Class Ramadhan di RCTI, 2011 lalu. Saat itu, chef Juna yang mengisi acaranya. Pada sesi tanya jawab, seorang penonton mengajukan pertanyaan dan menyebutkan namanya. “Saya Help Me Toruga.” Sontak semua yang menonton sangat terkejut. Apalagi chef Juna. Beliau sampai memaksa mas Help Me untuk menunjukkan KTP-nya. Setelah mas Help Me menunjukkan KTP-nya (kamera mengzoom) barulah semua percaya. Saat ditanya apa makna namanya, mas Help Me menjawab bahwa “Help Me” bermakna “Tolong Saya”, sedangkan “Toruga” diambil dari bahasa Batak yang berarti “Tuntun.” Jadi makna lengkap namanya adalah, “Tolong Tuntun/Bimbing Saya.”

2. Xta Santri

Nama yang diawali dengan huruf X sangat-sangat jarang ditemukan. Bahkan  jika Sahabat membuka buku rekomendasi nama-nama bayi, Sahabat hanya akan menemukan sedikit nama yang berawalan huruf X. Misalnya : Xander; Xerxes; Xavier. Semuanya berasal dari bahasa asing. Namun, yang satu ini berbeda. Sahabat dijamin tidak akan menemukannya di buku rekomendasi nama-nama. Xta (dibaca eksta) adalah nama seorang kawannya kawan saya yang dulu bersekolah di Lampung. Orangnya cerdas dan alim sesuai namanya. Mengenai makna dari kata Xta dimaksudkan agar orang yang bersangkutan dapat menjadi Xtra = Exstra = Sangat. Dan Santri, seperti yang ada dalam pikiran Sahabat, pastilah bermakna alim seperti santri. Jadi Xta Santri memiliki makna “Sangat alim.”

3.  Ending Duriah

Nah, ternyata bukan hanya ada Happy Ending dan Sad Ending, tapi ada juga Ending Duriah. Ini nama salah satu siswiku saat PPL. Dulu saat mengabsen, sering kelewatan memanggil nama belakangnya menjadi “Durian” ketimbang “Duriah”. Lucu boleh lucu, tapi namanya memiliki makna mendalam. “Ending” berarti “Akhiran”. Dan “Duriah” berarti “Bercahaya” dalam bahasa Arab. Jadi namanya bermakna, “Akhiran yang bercahaya.”

4. Statistika LBD

Nah, yang satu ini adalah nama dari adik tingkat saya di kampus (Unsri). Namun sekarang orangnya sudah tidak berkuliah lagi di Unsri. Dengar kabar katanya si dia mendapat beasiswa untuk kuliah di salah satu universitas di Jawa. Apa uniknya nama ini? Jelas yang sangat ketara adalah, kata pertama pada namanya, Statistika. Yup, statistika merupakan salah satu ilmu hitung yang mempelajari cara mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data. Wah, sepertinya orangtuanya sangat menyukai matematika. Statistika kerap dipanggil Tika. Mengenai makna LBD, saya juga tidak tahu. Di absensi hanya di tulis begitu saja. Mungkin itu adalah singkatan dari kepanjangan namanya.

5. Okwan Wamancha

Okwan Wamancaha adalah nama dari seorang adik tingkat saya di FKIP Matematika Unsri. Ayo tebak ini nama pria atau wanita? Jawaban yang tepat ini adalah nama seorang pria. Namanya sangat lucu dan unik. Membuat kita sukar melupakannya. Okwan bilang bahwa Okwan berarti anak pertama, dan Wamancha adalah sebuah singkatan. Wamancha =Jawa Maninjau Chaniago.

6. Kasara Juka

Kasara Juka adalah nama seorang teman SMP dan SMA ku. Dia memiliki kecerdasan interpersonal yang sangat tinggi. Sekarang si Kasara sudah bekerja di salah satu perusahaan akamigas di Sumsel. Namun, saat percakapan di sekolah dulu, beliau ini menyatakan bahwa dia sendiri tidak tahu apa makna namanya. Tapi kalau kita telaah nama ini berbau asia timur, terlebih Jepang. Bahkan, namanya bisa ditulis dengan huruf Hiragana. Sahabat bisa berteman dengannya di FB, dia menggunakan nama FB yang sama seperti namanya.

7. Juanta Madus

Juanta Madus juga nama seorang teman dari masa SMP dan SMA ku. Yang lebih mengejutkan adalah bahwa Madus adalah sepupu Kasara. Waw, dua orang sepupu dengan nama unik! Juanta orangnya lucu dan easy going. Dalam kasus ini Juanta juga tidak mengetahui makna namanya. Namun namanya terdengar seperti MODUS. Data yang paling sering muncul dalam statistika. Kami pun sering memanggilnya modus.

Nah Sahabat, itulah 7 nama terunik di Indonesia versi Harry Gunawan. Sahabat pernah mendengar nama atau memiliki kenalan yang memiliki nama yang lebih unik dari 7 nama di atas atau bahkan memiliki sendiri nama yang lebih unik dari 7 nama di atas? Silahkan berikan komentar sahabat semua di artikel ini. Biar kita sama-sama bisa menambah pengetahuan. Let’s the comments begin!(rei)