Apa yang anda bayangkan begitu mendengar kata China? Tempat panda – sang hewan imut berada? Istana kuno penuh misteri kekaisaran namun megah? Tembok besar China yang gagah perkasa? Masih banyak sosok China yang patut untuk dilihat terutama tempat-tempat indah di bawah ini:

1. Hutan Bambu Shunan

Hutan Bambu Shunan
Hutan Bambu Shunan

Hutan ini terletak di sebelah barat daya pergunungan Liantian yang memisahkan wilayah Changning dengan Jiangan. Bagian tengah hutan ini ditumbuhi oleh bambu besar yang tinggi dan tegak (species Phyllostachys Pubescens). Keindahan Shunan jadi inspirasi para pelukis zaman Dinasti Qing.

2. Hutan Batu China (shilin)

Hutan Batu China
Hutan Batu China

Shilin dalam bahasa China adalah hutan batu. Hutan ini sangat indah dan membuat orang terpesona akan sisi artistiknya. Hutan batu ini dikenal sejak masa Dinasti Ming dan disebut sebagai Keajaiban Pertama di Dunia.

3. Hutan Spruce Xueling

Hutan Spruce Xueling
Hutan Spruce Xueling

Hutan ini terletak di pergunungan Tianshan – sudah berdiri sejak 40 juta tahun lampau. Ia seperti fosil hidup di kawasan pergunungan itu. Pada hujung bulan Oktober, angin sejuk dari Siberia akan memdatangkan salju. Putihnya salju dipadukan dengan pohon-pohon spurce yang berdiri tegak seolah-olah membentuk barisan tentara yang memakai mahkota.

4. Huangshan (Yellow Mountain)

Huangshan (Yellow Mountain)
Huangshan (Yellow Mountain)

Gunung yang terletak di selatan wilayah Anhui ini adalah gunung paling terkenal di negara China sehingga keindahannya kerap diabadikan dalam bentuk lukisan. Pada tahun 1990, ia diwartakan sebagai warisan alam dan budaya dunia oleh ahli jawatankuasa warisan UNESCO.

5. Gunung Changbai

Gunung Changbai
Gunung Changbai

Keunikan gunung ini terletak pada keselarasan antara pohon pinus Korea, pohon yang berdaun lebar dan pohon lainnya. sepanjang lembah Jingjiang di sisi barat gunung ini terdapat berbagai jenis pohon-pohonan. Disamping pohon pinus Korea masih ada Amur linden, Mongolian oak, Japanese elm, maple, dan sebagainya.

6. Hutan Hujan Tropix Xishuangbannan

Hutan Hujan Tropix Xishuangbannan
Hutan Hujan Tropix Xishuangbannan

Hutan ini terletak di Provinsi Yunnan dimana mengalirnya sungai Lancang dari utara ke selatan. Ini adalah salah satu tempat yang banyak diminati wisatawan karena memiliki julukan sebagai “kerajaan satwa”. Julukan ini didapat karena kondisi hutan yang memungkinkan hidupnya beragam marga satwa.

7. Gua Zhijin

Gua Zhijin
Gua Zhijin

Sungai ini terletak di Guizhou, di antara sungai Luichong dan Sancha. Kedua-dua merupakan sumber bagi sungai Wujiang. Zhijin merupakan gua di dalamnya terdapat sungai panjang yang telah kering sejak lama dahulu. Sekitar 1.2 juta tahun lampau, gua ini telah roboh disebabkan hakisan dan hanyutan tanah lalu membentuk ruang besar di dalamnya.

8. Peak Tomur

Peak Tomur
Peak Tomur

Peak Tomur adalah puncak tertinggi di gunung Tianshan (7439 m dari atas laut). Terletak di barat laut wilayah Wensu, kedudukan geografinya menjadi titik pertemuan penting yang menjadi haluan penghubung antara dunia barat dengan negara China pada jaman silam dahulu.

9. Guilin

Guilin
Guilin

Kota ini menjadi buah mulut dan pujian orang ramai serta dunia karena kota ini adalah tempat tercantik di China. Pepatah China mengatakan ‘Guilin tempat tercantik dan merupakan surga dunia’. Dengan memiliki bukit menara batu kapur serta aliran air sungai Li yang jernih, ia sering menjadi bahan karya seni lukis dan sajak masyarakat China.

10. Sawah Padi Bertingkat Longji (Dragon’s Backbone Terraced Rice Fields)

Longji
Longji

Tempat ini mendapat pujian sebagai keajaiban seni pertanian di China! Ia merupakan warisan kuno yang diwariskan sejak 700 tahun lampau. Panorama ketika sawah digenangi air atau warna kekuningan bila padi masak menjadikan ia salah satu pemandangan tercantik di negara China.

itulah ke 10 tempat indah di China yang dapat menjadi referensi anda ketika berkunjung  ke China. Melihat gambarnya saja sudah dapat merelaksasikan mata anda, apalagi langsung mengunjungi ke TKP??(rei)