Ini Dia Fakta Menarik tentang Menara Eiffel

399

Siapa yang tidak kenal dengan Menara Eiffel? Menara yang sangat terkenal ini telah menjadi ikon global Prancis dan merupakan salah satu bangunan bersejarah di dunia. Menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889. Menara yang terletak di kota Paris ini dikenal juga dengan sebutan “La dame de fer”.

Kenapa diberi nama Eiffel? karena sebagai tanda penghormatan kepada Gustav Eiffel, insinyur yang telah merancang bangunan momentum ini. Pada awalnya, Gustav Eiffel berencana membangunnya di kota Barcelona, Spanyol. Namun usulannya itu ditolak oleh pihak Barcelona karena dianggap terlalu mahal untuk sebuah menara dengan rancangan yang aneh. Lalu Gustav pun mengusulkannya ke pihak Prancis. Usulannya tersebut diterima, dan kemudian Gustav mendirikan menara Eiffel di Champ de Mars, di tepi sungai Seine di Paris.

Ketika diresmikan pada tahun 1889, menara Eiffel menjadi bangunan tertinggi di dunia. Namun pada tahun 1930, gelarnya itu dikalahkan oleh bangunan baru yang disebut Chrysler. Chrysler adalah gedung perkantoran pencakar langit di Kota New York. Chrysler lebih tinggi 18 meter saat itu. Namun pada tahun 1957, untuk suatu keperluan, sebuah antena tambahan dipasang di atas menara Eiffel. Dengan adanya tambahan antena tersebut, menara Eiffel menjadi lebih tinggi daripada gedung Chrysler. Sekarang, menara Eiffel adalah bangunan tertinggi kelima di Prancis.

Dan ternyata, yang lebih istimewa lagi, menara Eiffel ini memiliki 3 corak warna. Hal ini lantaran menara ini sangat tinggi, sehingga perancangnya memutuskan untuk memberi  3 corak warna cat untuk mendapatkan efek shading yang indah. Adapun warna yang lebih gelap berada pada bagian fondasi nya, warna yang lebih terang pada bagian tengahnya, dan yang warna yang paling terang untuk mengecat bagian paling atas menara. Perawatan terhadap menara ini harus menghabiskan 60 ton kaleng cat setiap tujuh tahun sekali agar tidak berkarat.

Tak hanya itu, di dalam menara Eiffel, terdapat 2 restoran. Pada tingkat pertama terdapat restoran Altitude 95. Dan pada lantai kedua terdapat sebuah restoran Gastronomic yang mahal bernama Jules Verne. Di sini, Anda dapat mencicipi masakan seorang koki proffesional kelas dunia, Alain Ducasse. Ia diminta untuk menjalankan Jules Verne pada bulan Januari 2007.

Pada tahun 1912, Franz Reichelt adalah penemu parasut terjun dari lantai 3 menara Eiffel. Reichelt ingin melakukan uji coba terhadap penemuan barunya yaitu jaket parasut. Namun penemuan barunya itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan kematiannya.

Selama Perang Dunia Kedua berlangsung, para tentara Prancis telah memotong kabel lift menara Eiffel. Mereka tidak ingin pihak lawan  dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas menara Eiffel. Sehingga ketika pendudukan Nazi di Prancis, Hitler harus memanjat sendiri menara ini untuk dapat mencapai ke atas. Pada tahun 1944, lift di menara Eiffel diperbaiki sehingga pihak Sekutu mendapatkan akses bebas untuk ke atas.

Miniatur kecil menara Eiffel ini tersebar di seluruh dunia seperti di Las Vegas (Amerika), Gaunchzhou Senczhen (Cina), Romania Slobozia, Copenhagen (Denmark), Varna (Bulgaria), Aktau (Kazakhztan) dan lainnya.

Gustav Eiffel mengabadikan nama 72 Insinyur, Ilmuwan, Matematikawan dan cendekiawan Prancis lainnya pada menara Eiffel.

Pada tahun 1925 – 1934, perusahaan mobil Citroen menggunakan 4 sisi menara Eiffel untuk dijadikan iklan. Sampai saat ini, iklan Citroen tersebut masih menjadi iklan yang terbesar.

Selama pembangunan konstruksi menara ini, hanya 1 orang yang meninggal. Ia terjatuh dari ketinggian.

Pada tanggal 10 September 1889, Thomas A. Edison mengunjungi menara Eiffel. Ia kemudian menandatangani buku tamu dan menuliskan pesan kepada Gustav Eiffel. Pesannya itu berisi penghargaan atas kekaguman Thomas terhadap hasil karya Gustav Eiffel.(funsterz/rei)

Hospitality student who likes traveling , interested in cullinairy , crazy about ice cream and play tennis in my free time. Open minded , Flexible , Active , Independent describe me well.