Biasanya rujak adalah makanan berupa buah-buahan yang diberi bumbu pedas atau sambal. Di Banyuwangi, makanan rujak ini tampil dengan gaya yang berbeda dan dikenal dengan nama rujak soto.

Dari namanya, bisa ditebak kalau makanan ini adalah gabungan antara rujak dengan soto.Dilansir Kompas,  rujak yang digunakan adalah campuran sayur mayur dengan bumbu kacang serta petis. Untuk pedasnya, bisa disesuaikan dengan pesanan dari konsumen. Bumbu kacang dicampur dengan garam, kacang goreng, gula merah, asam dan juga pisang klutuk (pisang batu) muda.

Setelah bumbu siap tinggal dicampur dengan campuran sayur yang direbus seperti kangkung, kacang panjang, kubis dan juga potongan tahu dan tempe yang digoreng. Setelah selesai, rujak diwadahi mangkuk dan tinggal dituangi kuah soto babat sapi. Untuk membuat soto caranya tidak jauh berbeda dengan membuat soto biasa.

Jika Anda kebetulan sedang berkunjung atau tinggal di Banyuwangi, maka tidak ada salahnya mencoba kuliner unik ini. Anda cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp  10 ribu saja untuk bisa menikmati makanan ini. (tom)