Jepang memang memiliki segudang tradisi yang cukup unik selain kemajuan teknologinya. Salah satu tradisi yang cukup unik adalah festival memeluk es balok sambil berendam.

Pada festival Kanchu Misogi di Tokyo ini, sebanyak 100 orang berkumpul sambil memeluk es balok. 100 orang tersebut juga harus berendam di air dingin dengan hanya mengenakan celana dalam tipis dan ikat kepala, padahal saat itu suhu udaranya 6 derajat Celcius.

Dilansir dari WowKeren, ritual Shinto kuno itu bertujuan membersihkan jiwa raga dan mendekatkan diri pada roh yang dapat memberikan keberuntungan. Acara ini digelar di kuil Inari. Inari sendiri adalah salah satu roh penting yang dapat mendatangkan kesuksesan, keberuntungan dan kesuburan.

Dalam ajaran Shinto tidak mengenal dewa atau Tuhan, melainkan roh dan membolehkan pengikutnya memeluk agama lain. Ajarannya dipraktekkan terbatas di Jepang yang menekankan pada kebersihan jiwa dan cara hidup. Tsumi atau “dosa” dimaknai sebagai keburukan yang disebabkan faktor diluar kemampuan manusia seperti penyakit, bencana dan kematian, bukan dari diri manusia itu sendiri. (tom)