Musik sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Ada pula orang yang tiada hari tanpa mendengarkan musik, karena musik bisa menghibur dirinya. Musik juga bisa dijadikan mata pencaharian jika serius menjalaninya. Berikut adalah 5 fakta dalam sejarah musik yang cukup unik, dilansir dari Pulsk.com.

1. Judul lagu terpanjang di dunia

Dalam dunia musik, ternyata ada orang yang menciptakan lagu dengan judul terpanjang di dunia. Lagu tersebut berjudul â??Iâ??m a Cranky Old Yank in a Clanky Old Tank on the Streets of Yokohama with my Honolulu Mama Doinâ?? Those Beat-o, Beat-o Flat-On-My-Seat-o, Hirohito Bluesâ?. Pencipta lagu tersebut yaitu Hoagy Carmichael, mengaku kalau lagu itu awalnya berjudul â??Iâ??m a Cranky Old Yankâ?, namun karena ingin membuat lelucon, maka ditambahkanlah kata-kata tersebut.

2. Musisi peraih Grammy Award terbanyak

Siapakah penerima penghargaan Grammy Award terbanyakdalam sejarah permusikan? Jawabannya adalah Michael Jackson. Hingga akhir hayatnya, ia berhasil mengumpulkan delapan piala bergengsi ini.

3. Komposisi piano terpanjang dalam sejarah

Komposisi piano terpanjang dalam sejarah adalah komposisi karya Erik Satie yang berjudul Vexations. Ada 180 not dalam komposisi ini dan sesuai dengan urutan yang dibuat sang pencipta, lagu ini harus diulang sampai 840 kali. Vexations pertama kali dipentaskan pada bulan September 1963 di Pocket Theater, New York City dan memerlukan sepuluh pianis untuk menuntaskan lagu ini secara berantai.

4. Video MTV pertama kali

Video pertama yang ditayangkan di MTV adalah laguâ?’Video Killed the Radio Starâ? milik Buggles yang diputar pada tanggal 1 Agustus 1981. Sekitar 16 tahun kemudian, yaitu pada tanggal 27 Februari 2000, MTV menayangkan lagi â??Video Killed the Radio Starâ? sebagai video ke-satu juta yang mereka tayangkan.

5. Hari bersejarah bagi lagu kebangsaan Inggris

Lagu kebangsaan Inggris, yaitu â??God Save The Kingâ?? harus diulang sebanyak 17 kali pada tanggal 9 Februari 1909, karena saat itu Raja Edward VII yang seharusnya muncul dari dalam gerbong kereta sambil diiringi lagu ini ternyata mengalami kesulitan mengenakan seragam Field-Marshall Jerman, sehingga band militer Jerman terpaksa harus mengulang lagu ini sampai Raja Edward VII muncul. (tom)