Mungkin banyak di antara Anda yang tidak asing dengan Doraemon, tokoh film kartun asal Jepang yang sudah cukup melegenda, terutama di Indonesia. Berikut adalah 5 fakta dari tokoh Doraemon, yang mungkin belum Anda ketahui, seperti dilansir dari Subhanosuke.blogspot.com.

1. Arti nama Doraemon

Doraemon berasal dari dua kata, yaitu Dora dan Emon. Dora merupakan plesetan dari Nora, yang diambil dari â??Nora-Nekoâ?. Arti Nora-Neko sendiri adalah kucing liar. Sementara Emon adalah semacam kata tambahan tradisional untuk nama dari manusia atau binatang yg berjenis kelamin laki-laki. Jadi secara harafiah, Doraemon berarti kucing liar jantan.

2. Kode produksi Doraemon

Karena Doraemon adalah sebuah robot, maka dirinya pasti memiliki kode produksi yang diberikan oleh pabrik pembuatnya. Kode produksi Doraemon adalah MS-903. Kode tersebut merupakan nama asli Doraemon.

3. Tanggal lahir Doraemon

Tanggal lahir Doraemon, atau dalam hal ini tanggal produksinya, adalah 3 September 2112. Entah apa maksud si pengarang untuk memberikan tanggal lahir pada tanggal tersebut.

4. Mantan pacar Doraemon

Doraemon ternyata memiliki mantan pacar, yaitu seekor kucing bernama Noramyako. Noramyako meninggalkan Doraemon karena tubuhnya terlalu pendek, apalagi setelah kehilangan telinganya.

5. Warna asli Doraemon

Doraemon awalnya memiliki warna asli berwarna kuning. Akibat telinganya digigit tikus, dirinya mengalami depresi dan meminum ramuan bernama â??kesedihanâ?. Sejak saat itu, warna kuningnya luntur dan berubah menjadi warna biru, yang kita kenal saat ini. (tom)