Kerennya Taman Vertikal di Italia

Taman horizontal sudah biasa. Bagaimana dengan taman vertikal? Meski terdengar mustahil, namun taman vertikal tersebut benar-benar ada di dunia nyata, tepatnya di Italia.

Taman vertikal tersebut diciptakan oleh seorang arsitek bernama Francesco Bollani dengan memanfaatkan dinding di sebuah mall, yaitu sebuah mall di kota Razzano, Milan, Italia. Ia menyiasati lahan terbatas tersebut untuk dijadikan sebuah ruang terbuka hijau. Dilansir dari Daily Mail, dia butuh waktu sekitar satu tahun untuk menumbuhkan tanaman di dalam rumah kaca, dan 90 hari untuk mendirikan dinding bagian depan bangunan ini.

Taman yang tumbuh secara vertikal ini memiliki luas 1.263 meter persegi dan ditumbuhi 44.000 macam tanaman. Selain berfungsi untuk memperindah kota dan tempat rekreasi, taman ini juga berfungsi sebagai daerah resapan air dan penyediaan udara bersih. Bahkan, taman ini juga bisa sebagai pengatur suhu di dalam pusat perbelanjaan dengan cara mengurangi sinar matahari. Fungsi lain dari taman vertikal ini adalah untuk menjaga penggunaan energi, sebagai penyerap karbondioksida dan peredam suara.

Taman vertikal ini dibangun pada tahun 2010 dan diklaim sebagai taman vertikal terbesar di dunia. (tom)

 

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Meski Dihina, Selena Gomez Tetap Mendukung Lorde

Thomas Kretschmann, Pemain Baru di The Avengers 2