Umumnya semua jam yang ada di dunia ini memiliki waktu yang berbeda, bahkan di dalam satu rumah pun memiliki waktu yang berbeda. Namun ada satu jam yang diklaim sebagai jam paling akurat di dunia, yaitu strontium lattice clock.

Dilansir dari WowKeren, jam tersebut dikatakan pengukurannya tidak meleset satu detik pun dalam 5 miliar tahun. Jam itu sendiri merupakan jam atom yang dapat mengukur secara tepat waktu lebih lama dibanding umur Bumi sendiri. Sebelumnya, rekor jam terakurat di dunia dipegang oleh jam quantum milik National Institute of Standards and Technology (NIST).

Jam ini dikembangkan di Amerika Serikat dalam proyek kerjasama NIST dan University of Colorado, dan sudah diakui memiliki jarum detik yang cukup stabil, setara dengan ytterbium atomic clock milik NIST yang digunakan sebagai panduan dunia.

Strontium dioperasikan dengan cara atom berosilasi antara dua tingkat energi. Pada strontium lattice clock, beberapa ribu atom strontium dikurung dalam laser optik. Lalu para ilmuwan mendeteksi detik jam dengan memandikan atom dalam sinar laser berwarna merah.

Dr. Jun Ye, sang kepala peneliti jam tersebut, berencana untuk membuat jam yang lebih akurat lagi dalam waktu 5 atau 10 tahun mendatang. Kita nantikan saja hasilnya. (tom)