Toko-toko bermerk terkenal berdampingan di pinggir jalan sudah biasa. Di Cina, ada sebuah tempat dimana sepanjang jalannya berderet toko bermerk palsu. Kok bisa?

Toko-toko itu terletak dekat Wuxi East Railway Station di Provinsi Jiangsu, Cina. Toko tersebut baru saja selesai dibuat, dan para pihak pengembang kompleks Shimao Skyscrape ini telah mengisi lantai dasar bangunan tersebut dengan etalase toko yang menggunakan nama mirip dengan merek terkenal.

Ada Apple, yang diubah menjadi ApplA, Zara menjadi Zare, H&M menjadi H&N, serta Starbucks Coffee berubah menjadi sangat aneh, Sffcccks Coffee. Merk-merk itu ditulis dan terlihat seperti merek terkenal saat dilihat dari kejauhan. Beberapa warga di kota ini menyebutnya dengan Jalan Palsu.

Jika Anda pikir toko itu benar-benar ada, maka Anda salah. Dilansir Okezone, toko-toko ini sebenarnya kosong dan hanya untuk dijadikan lokasi syuting saja, tepatnya syuting iklan. Iklan tersebut dibuat dan dirancang memang khusus menggambarkan suasana belanja di kota tersebut, agar menarik minat pembeli.

Sepertu yang sudah umum diketahui, Cina memang terkenal dengan replika dan pelanggaran hak cipta yang kotor. Kondisi ini akan terus berlanjut dengan kondisi pemerintahan Cina saat ini yang acuh tak acuh dan tanpa undang-undang ketat. (tom)