Kata-kata “Anak-anak dilarang masuk” tampaknya sudah terlalu biasa. Di Jepang, ada sebuah toko permen yang memiliki tulisan “Orang dewasa dilarang masuk”. Ada apa di toko permen ini?

Toko permen tersebut bernama Future Sweets Factory dan terletak di Sanda City, prefektur Hyogo, Jepang. Karena toko ini khusus untuk anak-anak, maka orang dewasa hanya boleh menunggu anaknya di luar toko. Maksimal anak-anak yang boleh masuk ke toko ini adalah anak kelas 6 SD.

Dilansir dari rocketnews24, toko ini dibuka sejak tanggal 7 Desember 2013, dan di toko ini memiliki sebuah ruang tunggu untuk orangtua disediakan lengkap dengan vending machine yang menjual biskuit rasa susu yang empuk bernama “Matteru” yang berarti “Menunggu”. Setiap anak yang berkunjung akan diberi satu sampel permen, dan mereka juga bisa melihat proses pembuatan kue-kue dan permen.

Pemilik sekaligus koki, Susumu Koyama mengatakan, motivasi di balik pembuatan toko khusus anak-anak ini adalah untuk membangun komunikasi aktif antara anak-anak dan orangtua mereka. Satu-satunya cara untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam toko tersebut adalah mendengarkan cerita dari anak mereka. Dari situlah terjalin komunikasi anatara orangtua dan anak. (tom)