Berbelanja selama ini dilihat sebagai hal sia-sia yang tak bermanfaat dan hanya menghabiskan uang. Tetapi, menurut peneliti di University of Michigan, berbelanja justru bisa menjadi terapi yang menghilangkan stres seseorang dan membuat mereka lebih bahagia.

Sebuah penelitian terbaru menemukan, berbelanja atau membeli barang memang bisa menurunkan rasa sedih dan stres. Orang diketahui merasa tiga kali lebih berbahagia ketika mereka membeli barang baru. Uniknya, ini tak hanya berlaku pada wanita tetapi juga pria.

Peneliti mengatakan, membeli barang baru memberikan seseorang perasaan yang baik karena mereka merasa menguasai keadaan dan lingkungan mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membeli sesuatu lebih efektif hingga 40 kali lipat untuk membuat orang berbahagia dibandingkan dengan hanya melihat-lihat.

Seperti dikutip DailyMail, (27/01), hal ini juga didukung oleh penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa orang yang berbelanja memiliki perasaan positif ketika mereka membeli sesuatu. Namun, berbelanja hanya berlaku ketika seseorang ingin membeli untuk meningkatkan mood mereka. (nha)