Siapa sangka, Hawaii memiliki sebuah tangga nan menjulang tinggi tak terlihat ujungnya bernama Haiku Stairs. Haiku Stairs disebut sebagai Tangga Menuju Surga.

Tak tanggung-tanggung, ada 4.000 anak tangga menuju puncak Bukit Haiku yang terselubung awan. Lantaran bentuknya yang mengular ke puncak bukit, banyak wisatawan yang penasaran dengan Haiku Stairs.

Selain itu, ujungnya yang kadang tak terlihat membuat rasa penasaran para wisatawan semakin besar saja. Seperti dikutip Amusing Planet, awalnya, tangga yang menempel dengan bukit Haiku ini terbuat dari kayu dan dibuat pada tahun 1942.

Adapun tujuan dibuat tangga ini adalah untuk memasang antena radio antar bukit. Tetapi, pada tahun 1950, tangga kayu ini diganti menjadi besi. Lalu pada tahun 1987, tangga ini ditutup untuk umum.

Hal yang membuat tempat ini membuat penasaran banyak orang adalah pemandangan yang tersaji dari atas sana. Dari ketinggian 840 meter, Anda bisa melihat pemandangan Kota Pu’u Keahi A Kahoe dari ketinggian.

Kini, masyarakat setempat sedang memaksa pemerintah untuk membuka tangga ini dengan alasan bisa menjadi daya tarik wisatawan. Namun pemerintah belum memberi izin dengan alasan mempertimbangkan keamanan para pengunjung. (nha)