Terkadang, mencuci piring adalah hal yang sangat membosankan bagi sebagian orang. Namun, kini Anda tidak perlu lagi repot mencuci piring.

Pasalnya, sebuah inovasi dari Machine Tomorrowm, Swedia, menghasilkan piring-piring yang bisa mencuci dirinya sendiri. Seperti dilansir Huffington Post, piring bisa bersih tanpa dicuci karena permukaannya superhydrophobic yang berarti sangat anti air.

Adapun lapisan anti air itu terinspirasi dari daun lotus yang tahan terhadap kotoran dan air. Materi piring itu terbuat dari bubur selulosa yang dibuat menjadi lembaran, lalu dicetak dalam temperatur tinggi.

Uniknya, bahan itu tetap dapat mengeras seperti produk yang terbuat dari keramik. KHT Royal Institute of Technology di Stockholm yang mengembangkan teknologi itu menggunakan proses yang disebut Rapid Expansion of Supercritical Solutions (RESS).

Lilin dilarutkan dalam karbondioksida pada suhu dan tekanan tinggi, kemudian disemprotkan pada permukaan piring. Sayangnya, desain piring anti air ini masih berupa prototipe dan teknologi untuk menciptakannya secara massal juga belum siap. (nha)